Pemudik Ramai, Jumlah ODP di Rokan Hilir Capai 8.629 Orang dan Lima PDP

Foto Inset : Jubir Gugus Tugas Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Ahmad Yusuf didampingi Kasubag Dokpim Hasnul Yamin, saat menggelar Konferensi Pers update penanganan Covid-19 pada Rabu (27/5/2020) di Bagansiapi-api.

Rokan Hilir, Oketimes.com - Secara kumulatif atau global, orang dalam pemantauan (ODP) di Rokan Hilir terdata sebanyak 8.629 orang, selesai pemantau sebanyak 7.300 sedang proses pemantauan 1.332 orang dan PDP sendiri berjumlah 5 orang.

"Kenaikan ODP di Rohil pada H -3 dan H -4, dikarena tingginya mobilisasi dan intensitas masyarakat baik yang datang ke Rohil maupun yang keluar kembali lagi ke Rohil. Sehingga menjadi bertambah angka secara komulatif, karena mereka datang dari beberapa daerah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai terjangkit atau transmisi lokal," kata Jubir Gugus Tugas Kabupaten Rohil, Ahmad Yusuf didampingi Kasubag Dokpim Hasnul Yamin, Rabu (27/5/2020) di Bagansiapi-api.

Ahmad Yusuf juga mengatakan untuk PDP sendiri ini totalnya secara kumulatif pada saat ini berjumlah 45 orang dengan 46 kali kunjungan diantaranya 34 orang PDP hasil suap negatif dan sudah menyatakan ulang dari isolasi atau dari ruang perawatan.

Kemudian 5 orang PDP masih dirawat dan menunggu hasil swab 5 orang tersebut berasal dari Kecamatan Tanah Putih Sendinginan, sinaboi, tanah putih Tanjung Melawan dan Bagansiapiapi.

"Enam 6 orang sudah kami sampaikan meninggal dengan hasil suap terkonfirmasi negatif. Beberapa kondisi dan PDB di Rohil, kami melihat bahwa amalan yang dilakukan teman-teman berada di dalam jajaran gugus tugas sudah maksimal, sehingga kami melihat langsung baik di pos perbatasan yang ada di rantau bais maupun di pos yang ada di Pedamaran, bagaimana kawasan merupakan langkah antisipasi dilakukan petugas gugus tugas untuk meminimalisir potensi terjadinya penularan covid-19 di Rohil ," paparnya.

Ia mengatakan mengingat bahwa pada saat ini Rokan Hilir sampai hari ini masih dalam kategori zona hijau dan dibandingkan dengan Kabupaten kota yang lain di daerah Provinsi Riau, Rokan Hilir masih kosong.

"Artinya masih nol untuk kasus positif covid-19, namun beberapa hari terakhir ini ada beberapa peningkatan peningkatan PDP, tapi kita tidak stigma bahwa PDP ini langsung kita identik dengan covid-19," katanya.

Jubir gugus tugas, apa dilakukan oleh teman-teman tahu bahwa ini hanya skrining untuk menentukan bagaimana antibodi bekerja pada saat mereka reaktif itu menandakan bahwa di dalamnya sudah ada virus mungkin virusnya virus influenza mungkin virusnya, virus yang lain, karena banyak keluhan macam virus yang ada yang bisa menyerang tubuh kita jadi tidak selalu covid-19.

"Alhamdulillah yang sudah keluar hasilnya itu semuanya Alhamdulillah konfirmasi negatif. Ke 5 orang tersebut sedang di isolasi di rumah sakit.," ujar Ahmad.

Ia berharap semua masyarakat dengan kondisi seperti ini bisa mempertahankan bahwa Rohil tetap berada di zona hijau dan zero nine ten atau kosong atau nol. Kasus positif covid- 19 sesuai dengan harapkan semua.

Ahmad Yusuf juga bersyurkur bahwa Kabupaten Rokan Hilir salah satu bebas dari kasus covid 19 di Provinsi Riau. Dia berharap dapat dipertahankan. Lantaran itu, dia menyampaikan kepada rekan-rekan media, agar informasi tersebut dapat diteruskan ke masyarakat.

Bahwa pada saat ini yang masih dalam suasana Idul Fitri, agar menghindari kerumunan orang yang masih sering terlihat dan tidak lalai untuk melakukan sosialisasi atau physical distancing untuk saling mengingatkan dengan masyarakat lainnya.

"Kami tahu saat ini ada ebanyak 8.629 orang, selesai pemantau sebanyak 7.300 sedang proses pemantauan 1.332 orang dan PDP sendiri berjumlah 5 orang. Kondisi saat ini terjadi kenaikan, karena tingginya mobilisasi dari masyarakat baik yang datang ke Rohil, maupun yang keluar dari kembali lagi Rohil, sehingga menjadi bertambah angka secara kumulatif," paparnya.

Ia juga mentyebutkan adanya masyarakat yang datang dari beberapa daerah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai daerah terjangkit atau transmisi lokal.

"PDP sendiri ini totalnya total secara kumulatif pada saat ini berjumlah 45 orang dengan 46 kali kunjungan. Diantaranya 34 orang PDP hasil negatif dan sudah menyatakan selesai atau dari ruang perawatan. Kemudian 5 orang PDP masih dirawat dan menunggu hasil Swab," pungkas Ahmad Yusuf Jubir Penanganan Covid-19 Kabupaten Rokan Hilir itu meyakinkan.***


Reporter    : Jhonari   / Editor   : Cardova   

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait