Jubir Covid-19 Sebut Klaster Magetan Terbanyak di Riau

dr Indra Yovi, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau.

Pekanbaru, Oketimes.com - Sebanyak 38 orang klaster kepulangan santri pondok pesantren dari Megetan Jawa Timur (Jatim) paling terbanyak pertama adalah di Riau.

"Klaster pondok pesantren Temboro Magetan Jatim sampai hari ini totalnya ada 38 orang," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Sabtu (23/5/2020) di Pekanbaru.

Indra Yovi menyebutkan klaster tersebut tersebar dibeberapa kabupaten/kota di Riau, yakni di Kabupaten Indragiri Hilir, Bengkalis, Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

Sedangkan kasus terbesar kedua adalah klaster Sukabumi Jawa Barat (Jabar), yakni sebanyak 13 orang.

"Jika dilihat grafik Covid-19 di Provinsi Riau, seandainya klaster Magetan dan Sukabumi dikeluarkan, sebenarnya grafik Covid-19 di Riau relatif rata. Penambahannya rata-rata hanya 1 kasus pertiga hari," ulas dr Indra Yovi.

"Artinya kalau kita melihat kondisi sekarang ini, kita harus mewaspadai orang yang datang ke Provinsi Riau. Karena ini akan menjadi masalah," imbuhnya.

Apalagi memasuki hari raya Idul Fitri tahun ini lanjut dr Indra Yovi, kemungkinan akan banyak orang keluar dari Provinsi Riau dengan berbagai cara.  

"Meski pun sudah ada larangan mudik, malahan sebagian orang sudah berada di kampung halamannya masing-masing," katanya.  

Ia menyampaikan, jika dilihat data dari Dinas Perhubungan Riau, orang Riau kebanyakan pergi ke provinsi tetangga seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara. "Kalau yang lain lokal. Seperti orang Pekanbaru ke Bengkalis dan Pekanbaru ke Tembilahan," pungkasnya.***


Reporter   : Richarde   / Editor  : Cardova


Tags :berita
Komentar Via Facebook :