Ribuan Siswa di Meranti akan Ikuti Try Out

SELATPANJANG, oketimes.com– Untuk melihat kesiapan para siswa dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2014/2015, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar try out serentak bagi siswa SD, SMP serta SMA/MA dan SMK. Pelaksanaan try out dilakukan pada Senin 6 Oktober mendatang, dengan pola seperti UN dimana jumlah siswa tiap kelas diisi 20 orang siswa, namun dengan materi soal 20 paket, mirip seperti UN sebenarnya.

Kepala Disdikbud Kepulauan Meranti, Drs Bakhtiar melalui Kabid Dikdas Kamaruddin Spd SH,MM (7/1) mengatakan, tujuan diselenggarakannya try out untuk melihat sejauh mana kesiapan siswa dalam menghadapi UN mendatang. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti hasil ujian nasional tahun lalu sekitar 90% tingkat kelulusan di Meranti merosot.

"Mungkin ini disebabkan Penguasaan materi anak-anak kurang dikuasai dan belum paham, yang jelas kami dari dinas pendidikan sudah berupaya keras untuk meningkatkan mutu pendidikan anak anak kita. Tetapi hanya tingkat SMA/sedrajat yang kelulusannya mengecewakan," jelasnya.

Kamaruddin menambahkan, Try out pertama untuk tingkat SMA akan di laksanakan pada tanggal 6 hingga 8 Oktober 2014 atau selama 3 hari. untuk tingkat SMP dari tanggal 13 hingga 15 Oktober 2014 dan SD dari tanggal 20 hingga 23 Oktober 2014.
Soal ujian try out tetap dengan acuan kurikulum KTSP meskipun Kurikulum 2013 sudah mulai direalisasikan.

Sesuai data sementara yang masuk di Disdik jumlah siswa yang ikut ujian try out pertama ini untuk SD berjumlah 2556 siswa, SMP/MTS berjumlah 3328 siswa, SMA/MAN berjumlah 2880 siswa, Dan SMK 290 siswa. Mata pelajaran yang akan di ujiankan untuk SD ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA), SMP (Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa inggris, IPA), SMA jurusan IPA ( Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris, Fisika) jurusan IPS (Bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Sosiologi, Bahasa Inggris) SMK (Bahasa indonesia, Matematika, dan bahasa inggris)," jelasnya.

"Kamaruddin juga berharap dengan diadakan try out pertama ini para siswa tidak kaget lagi untuk menjalan kan ujian nasional yang akan datang, dan saya juga berharap tingkat kelulusan siswa di Meranti ini akan lebih baik lagi dan mudah mudahan hasil tru out di tahun ini bisa melebihi nilai yang di targetkan," harapnya. (Eg)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :