Disbudparpora Kirim 2 Sanggar Rohil pada Iven Pagaruyung 6 Sumbar

Kepala Disparpora Rokan Hilir, H Zulkarnain Sani

BAGAN SIAPIAPI, oketimes.com- Dalam Rangka lomba seni Iven Pagaruyung 6 dan apresiasi seni 2014 yang akan berlangsung disumatera barat 20 november mendatang, dinas kebudayaan pariwisata  pemuda dan olahraga kabupaten Rokan Hilir H. Zulkarnain Sani akan mengirimkan 2 sanggar  dari Rohil untuk mengikuti ajang tersebut.

Sebanyak 60 peserta dari 2 sanggar Seni  seni Resem Melayu dan Komunitas Pekerja Seni Riau yang ada di Rohil itu nantinya akan mengimpropisasikan dua buah pentas seni dan 1 buah lagu melayu, diantaranya yaitu Tari Kajang Pesisir, Cerita  Rakyat Mariam Bambu.

Event Pagaruyung 6 dan Apresiasi Seni 2014 yang diselenggarakan di sumatera barat tersebut diikuti  provinsi, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan beberapa kabupaten lainnya, sementara dari luar negeri event pagaruyung 6 itu sendiri juga menghadirkan komunitas pekerja seni dari Malaysia dan johor, dari provinsi riau sendiri ada tiga kabupaten yang berkesempatan untuk mengikuti  avent seni diantaranya Kabupaten Rokan Hilir, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hulu.

"untuk sementara yang kita ikutkan dalam event ini ada 2 sanggar yang nantinya dari setiap sanggar akan menceritakan cerita rakyat yang ada dirokan hilir, dan kita juga berharap nantinya cerita rakyat yang akan kita persembahkan itu nantinya dapat diterima oleh masyarakat luar daerah, kedepan nya saya akan merekrut sanggar – sanggar seni yang ada dirokan hilir ini dan  saya juga akan menghidupkan kembali Dewan Kesenian Daerah (DKD) yang selama ini terkesan mati suri," ujar Zulkarnain Sani Kadisbudparpora saat ditemui awak media dikantornya Kamis 02/10. (mhd)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :