Home / Peristiwa / Hari Pertama Buka, Bawaslu Riau Catat 149 Peserta Ikut Daftar Jadi Panwascam

Hari Pertama Buka, Bawaslu Riau Catat 149 Peserta Ikut Daftar Jadi Panwascam

Hari Pertama Buka, Bawaslu Riau Catat 149 Peserta Ikut Daftar Jadi Panwascam
Bawaslu Riau For oketimes.com
Panitia penerima Pendaftaran calon Panwascam Bawaslu Kabupaten Kota di Riau, tengah melayani calon peserta yang ingin bergabung atau mendaftar sejak Rabu 27 November 2019.

Pekanbaru, Oketimes.com - Memasuki hari pertama dibukanya penerimaan berkas pendaftaran atau lowongan menjadi Panwascam resmi dibuka untuk 9 Bawaslu Kabupaten/Kota se Riau, Rabu 27 November 2019, sudah mencapai sebanyak 149 orang mengajukan lamaran di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau sejak kemarin.

Penerimaan pendaftaran tersebut, dilakukan sesuai dengan amanat undang-undang 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Perekrutan Panwaslu Kecamatan ini dilakukan.

Untuk di provinsi Riau, terdapat 9 Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada pada Tahun 2020 mendatang. Adapun Kabupaten/Kota yang ikut menyelenggarakan Pilkada Tahun 2020 serentak ini yaitu, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

Penerimaan dan pemeriksaan berkas Pendaftaran ini akan berlangsung dari tanggal 27 November hingga 3 Desember 2019. Bagi pendaftar yang lulus administrasi, Bawaslu Kabupaten/Kota akan mengumumkannya pada tanggal 12 Desember 2019.

Berdasarkan laporan 9 Bawaslu Kabupaten/Kota, terangkum sebanyak 149 orang yang mendaftar dengan rincian 111 orang Pendaftar berjenis kelamin Laki-Laki, dan 38 orang Pendaftar berjenis kelamin Perempuan.

Kemudian, diketahui bahwa jumlah Pendaftar tertinggi di hari pertama ini, berada di Kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah pendaftar sebanyak 30 orang, dengan rincian jenis kelamin Laki-laki sebanyak 25 orang dan Perempuan sebanyak 5 orang.

Disusul kemudian Kabupaten Indragiri Hulu, dengan jumlah Pendaftar sebanyak 29 orang, yang mana 25 orang pendaftar berjenis kelamin laki-laki dan 4 orang pendaftar berjenis kelamin perempuan.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Provinsi Riau, Hasan, MSi mengajak kepada seluruh masyarakat Riau umumnya untuk ikut mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020. 

Khusus kepada masyarakat yang berada di 9 kabupaten/Kota yang akan daftar, agar segera melengkapi dan mempersiapkan segala dokumen persyaratan, telah ditetapkan oleh Bawaslu RI.

"Mari ikut berpartisipasi menjadi panwascam dengan mendatangi kantor Bawaslu di 9 kabupaten/Kota yg melaksanakan Pilkada serentak 2020," pungkasnya.***


Reporter    : Richarde
Editor         : Cardova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.