UIN Suska Gelar Seminar Budaya Melayu Riau di Siak

SIAK, oketimes.com- Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim (UIN Suska) Riau menggelar seminar pengenalan budaya melayu Riau kepada Dosen dan Mahasiswa luar negeri di gedung Tengku Mahratu, Jalan Sultan Ismail, Siak. Seminar tersebut dibuka oleh Assisten I Drs H Fauzi Asni MSi, Sabtu malam (27/9).

Seminar pengenalan budaya melayu Riau kepada Dosen dan Mahasiswa luar negeri tersebut diikuti sebanyak 100 orang mahasiswa dari 4 negara, 59 orang diantaranya dari Malaysia, 22 orang dari Thailand, 17 dari Vietnam dan 2 orang dari Afrika. Di tambah masing-masing 1 orang dari Mesir dan California America.

Pemkab Siak sangat menyambut baik kedatangan Dosen dan 100 orang rombongan Mahasiswa ini untuk mengkaji sejarah budaya Melayu terutama yang ada di wilayah kerajaan Siak, ungkap Fauzi Asni.

Fauzi berharap kepada mahasiswa peserta seminar dapat menambah pengetahuan terutama seputar Budaya Melayu yang ada di Siak ini.

Kepala Pusat Lembaga Bahasa UIN Suska Riau, Drs Khalayo Hasibuan M.Ed menyebutkan, tujuan digelarnya seminar pengenalan budaya Melayu Riau kepada Dosen dan Mahasiswa luar negeri di Siak, intinya adalah agar seluruh Mahasiswa Luar Negeri yang menuntut ilmu di Perguruan UIN Suska Riau ini, dapat mengerti dan memahami tentang budaya-budaya yang dimiliki oleh Riau, terutama terhadap budaya-budaya melayu yang dimiliki oleh Siak.
 
Sementara, Dosen UIN Suska asal California, Fabio, mengatakan budaya melayu yang ada di Riau ini khususnya di negeri Siak sungguh sangat luar biasa, sepertinya saya berada dalam rumah sendiri. "Orang-orang melayu sangat ramah, sangat santun dan memiliki etika yang tinggi membuat saya menjadi happy," ujar Fabio.
 
Hal yang sama juga disampaikan oleh Mahasiswa asal Afrika, Hamzah Embelo dari Guine Bissau, saat ditanya pengetahuannya tentang budaya melayu, What! katanya sambil berujar, Im Sorry, I cannot Speak Indonesia.

Melihat Hamzah Embelo tidak mengerti dengan bahasa Indonesia, salah seorang Dosennya langsung menyampaikan maksud yang menjadi pertanyaan media ini, Embelo menjawab, "saya belum tahu banyak tentang budaya melayu ini, saya belum lama belajar, namun demikian saya sangat senang sekali dengan budaya melayu ini, banyak sekali keunikannya," papar Dadang mengartikan ungkapan-ungkapan dari Embelo.(man)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait