New Normal Diterapkan, Pemkab Siak Akan Bagi Shift Belajar Siswa di Sekolah

Bupati Siak Alfedri serahkan bantuan sembako dari IKAPTK Kabupaten Siak kepada warga Tualang.

SIAK, Oketimes.com - Kabupaten Siak masuk dalam total 25 Kabupaten/Kota dan 4 Provinsi yang diterapkan kebijakan New Normal. Kemungkinan tahun ajaran baru nanti peserta didik juga sudah mulai aktif lagi belajar di sekolah. Namun jadwal belajar akan dibagi 2 shift, yaitu pagi dan sore.

Bupati Siak Alfedri mengatakan bentuk pemberlakuakn kebijakan New Normal akan diterapkan pada sekolah-sekolah yang menjadi kewenangan Pemda Siak seperti SD dan SMP.

"Selain menerapkan physical distancing atau menjaga jarak, kita juga akan merancang sistem masuk sekolah dengan cara shift (bergilir) kelas pagi dan sore, serta merancang sistem dalam jaringan (daring)," kata Bupati Siak, Alfedri kepada wartawan, Sabtu 30 Mei 2020.

Tidak hanya itu saja, kata Bupati, setiap sekolah harus menyiapkan tempat cuci tangan pakai sabun, kemudian menyiapkan alat pengukur suhu badan atau thermo gun termasuk masker untuk para siswa.

"Untuk penerapan new normal, Pemkab Siak masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Sesuai arahan Presiden dalam perkembangannya akan dilaksanakan dalam 5 tahapan. Fase pertama, rencananya dimulai tanggal 1 Juni untuk bidang Industri dan jasa, dapat beroperasi dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19," imbuhnya.

Agar masyarakat paham tentang New Normal, Bupati juga menjelaskan defensifnya New Normal merupakan kebijakan pemerintah memberlakukan tatanan kehidupan yang baru dalam beraktifitas dalam keseharian, dengan tetap menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mengantisipasi pengulangan penyebaran Pandemi Covid 19.

Beberapa bentuk aktifitas dimaksud misalnya dalam hal perekonomian dalam aktifitas jual beli di pasar, bekerja di kantor dan bersekolah dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (adv)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait