DPC Pemuda Tani Indonesia Gelar Dialog Interaktif

SALO, oketimes.coom- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Tani Indonesia (PTI) Kabupaten Kampar menggelar dialog interaktif di Aula Kantor Camat Salo, Rabu (8/10/2014).

Dialog ini dibuka oleh Camat Salo Edi Afrizal, S.Sos, M.Si. Hadir dikesempatan itu, Ketua DPC PTI Kampar Afrizal SE, stake holder manager Kampar PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Andrisman, anggota DPRD Riau daerah pemilihan Kampar Nasril S.Ag, MA.

Turut menjadi pembicara Sekretaris Dinas Kehutanan Kampar Ir Al Azhar yang juga Sekretaris DPC PTI Kampar,  Kepala Bidang Perlindungan Sarana dan Prasarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Kampar Iskandar SP,  Kepala Bidang Usaha Tani Dinas Perkebunan Kampar Yalen Nelfida SP dan pihak perusahaan dan Direktur Utama PT Buana Sinar Lestari  Ir Wayan Subadi . Dialog dipandu moderator Apriyaldi.

Ketua panitia pelaksana dialog Adi Jondri Putra, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan dialog  ini diikuti 80 orang petani dari berbagai kelompok tani di Kabupaten Kampar yang dilaksanakan selama satu hari. Dialog ini mengambil tema peningkatan kualitas dan kuantitas petani Kampar," Sedangkan acara ini  juga tidak lepas dari kerjasama dengan  RAPP,"kata ketua  panitia.

Sementara Ketua DPC PTI Kampar Afrizal, SE  menambahkan, dialog ini sengaja melibatkan belasan  siswa-siswi dari  SMK Pertanian agar para siswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan  berbagai hal dibidang pertanian. "Kita harapkan akan lahir anak muda yang mampu menjadi petani-petani handal di Kabupaten Kampar," ujar Afrizal.

Pria yang juga ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kabupaten Kampar itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung pelaksanaan dialog interaktif ini, salah dukungan dari PT RAPP.

Ditambakan Ketau (DPC PTI) Ia juga menyampaikan kekesalan terhadap undangan yang tidak hadir seperti Angota DPRD Kabup[aten kampar yang tidak bisa hadir dalam kesempatan itu," padahal undangan telah diantarkan ke bagian sekertaris DPRD dan ada juga langsung ke rumahnya," kata Aprizal.

Sedangkan Camat Salo Edi Afrizal dalam pengarahannya menyambut baik pelaksanaan dialog interaktif ini. Dengan adanya dialog dan berbagai pelatihan akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas petani sehingga bisa menjadi petani yang modern. Petani-petani di Kabupaten Kampar juga dihimbau bisa  bekerjasama dengan petani yang telah dididik di Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata Kubang Jaya," papar Camat salo.
 
Sementara itu Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Kampar Iskandar menyampaikan,  Pemkab Kampar telah mendukung produksi pertanian  diantara membangun sarana prasarana yang mendukung pertanian. Melatih petani diantaranya memberangkatkan ke Jawa untuk penangkaran tanaman buah,"cetusnya.
 
Dikatakan Sekretaris DPC PTI Kampar Ir Al Azhar , ada tiga hal yang harus kita  tingkatkan supaya hasil tani bisa melebihi peningkatan, kualitas dan kuantitas   seperti  disalo ini ada lahan sawah seluas 100 h, dengan adanya peningkatan tanaman harus diberikan perawatan seperti pupuk dan dipilihara.
 
Dia berharap kedepannya para peserta lebihmeningkat  dan yang muda  seharunya lebih gigih dari pada orang tua," papar Al Azhar.(hasbi)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait