Semua PDP Sembuh, 3 Pasien Positif Covid-19 di Siak Masih Dirawat

Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak yang juga Asisten I Setda Kabupaten Siak, Budhi Yuwono bersama Kadis Kesehatan, dr Toni Chandra.

SIAK, Oketimes.com - Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Siak, Riau angkanya mencapai 57 orang. Namun kini seluruh PDP dinyatakan sembuh dan sudah kembali ke rumah.

Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono mengatakan dari 57 orang PDP meninggal dunia 8 orang, sembuh 45 orang dan PDP terkonfirmasi positif 3 orang.

"Pasien positif covid-19 di Siak totalnya saat ini ada 4 orang, dengan rincian yang sudah sembuh 1 orang yang dari Kecamatan Kandis dengan riwayat perjalanan dari Sumatera Utara dan sedang dalam perawatan 3 orang," kata Budhi, Kamis (28/5/2020) di Posko Gugus Tugas Siak.

Dijelaskan dia, untuk pasien positif Covid-19 di Kabupaten Siak sedang dirawat di RSUD Tengku Rafi`an. "3 Pasien positif Covid-19 tersebut merupakan santri yang mondok di pesantren Magetan," katanya.

Sebelumnya, ada 38 santri asal Kabupaten Siak yang mondok di pesantren Magetan. Dari 38 orang santri, 31 orang sudah dipulangkan karena hasilnya negatif, 4 orang sedang menunggu hasil swapnya, dan 3 orang dinyatakan positif Covid-19.

Budhi menjelaskan bahwa jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Siak seluruhnya 4425 orang, dengan rincian yang sudah selesai pemantauan 3726 orang, yang masih dipantau 634 orang, dan orang tanpa gejala (OTG) 25 orang.

"Penambahan jumlah ODP ini merupakan hasil dari pelaksanaan PSBB, karena setiap orang yang masuk ke Siak, kita pantau dan kita suruh untuk melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari dirumah masing-masing," ungkap Budhi.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Toni Candra meminta kejujuran dan keterbukaan dari seluruh warga masyarakat khususnya yang baru datang dari luar daerah Siak.

"Jika masih ada santri dari Magetan yang belum terpantau, mohon laporkan segera demi memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Siak," tukasnya.

Saat ini, sambung Toni, di asrama haji ada 7 orang yang ditetapkan sebagai PDP, yakni 4 orang santri Magetan, 1 orang santri gontor, 1 orang orang tua santri dan 1 orang yang baru pulang dari luar negeri.

"7 orang tersebut sedang menjalani isolasi diri di asrama haji dan sudah melaksanakan pemeriksaan rafites dan swap, kita tinggal menunggu hasil dari pemeriksaan tersebut paling lama sabtu malam mendatang," jelas Toni. (adv)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :