Home / Pemerintahan / 191 Miliar Terkirim ke Kabupaten-Kota, Pemprov Bakal Evaluasi Dana Bankeu Dampak Covid-19

191 Miliar Terkirim ke Kabupaten-Kota, Pemprov Bakal Evaluasi Dana Bankeu Dampak Covid-19

191 Miliar Terkirim ke Kabupaten-Kota, Pemprov Bakal Evaluasi Dana Bankeu Dampak Covid-19
Ist
ILustrasi

Pekanbaru, Oketimes.com - Pemerintah Provinsi Riau telah menyalurkan bantuan keuangan (Bankeu) khusus untuk penanganan dampak sosial Covid-19 ke kabupaten/kota. Selanjutnya, Pemprov Riau segera melakukan evaluasi untuk memastikan bantuan tepat sasaran sesuai usulan.

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau, Syahrial Abdi mengatakan, bankeu khusus untuk dampak sosial Covid-19, ini diberikan Pemprov Riau untuk tiga bulan, Mei, Juni dan Juli kedepan.

"Mekanisme pengawasan bankeu khusus ini, dan untuk memastikan bankeu ini tersalurkan, kita akan melakukan evaluasi penyaluran fase Mei dan Juni secara berjenjang," kata Syahrial dalam keterangan persnya Sabtu (22/5/2020) di Pekanbaru.

Mantan Kepala BPKAD Riau itu, menyampaikan dalam peraturan gubernur (Pergub) Riau dalam pengendalian bankeu khusus juga diatur mekanisme pelaksanaan, mulai proposal, pancairan dan pertanggungjawaban.

"Semua sudah diatur dalam Pergub itu. Jika sepanjang mekanisme itu dilaksanakan dengan baik, artinya pengawasan sudah bisa terkonfirmasi," sebutnya.  

Asisten III Setdaprov Riau sekaligus Sekretarsi Gugus Tugas Provinsi Riau yang diketuai Gubernur Riau, Syamsuar, akan membentuk dua tim pemantau dan pengawasa Pemprov Riau.

"Nanti Gugus Tugas Provinsi Riau, akan membagi tugas, mungkin nanti ada dua tim yang melakukan pemantauan dan pengawasan yang dipimpin Wakil Gubernur Riau dan Sekretaris Daerah Provinsi Riau di 12 kabupaten/kota," terangnya.  

Sebagaimna diketahui, Pemprov Riau telah menyalurkan bankeu khusus dampak sosial Covid-19 kepada 12 kabupaten/kota se-Riau sebesar Rp 191 miliar lebih.  

"Kerena penyalurannya merupakan tanggung jawab kabupaten/kota, kita harap mereka punya mekanisme untuk penyaluran bankeu itu," pungkasnya.***


Reporter   : Richarde   / Editor  : Carodova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.