Home / Pendidikan / Sekda Rohul Pimpin Upacara HAB Kemenag ke 74

Sekaligus Peresmian Pojok Prestasi

Sekda Rohul Pimpin Upacara HAB Kemenag ke 74

Sekda Rohul Pimpin Upacara HAB Kemenag ke 74
Faisal
Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 tahun 2020 dengan menggelar upacara bersama di halaman MTsN 3 Rohul Kota Pasirpengaraian, Kamis (9/1/2020).

Pasir Pengaraian, Oketimes.com - Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 tahun 2020 dengan menggelar upacara bersama di halaman MTsN 3 Rohul Kota Pasirpengaraian, Kamis (9/1/2020).

Upacara peringatan HAB ke 74 dengan tema Umat Rukun Indonesia Maju ini dipimpin langsung oleh Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu, H Abdul Haris S.Sos MSi.

Dalam amanatnya, Sekda H Abdul Haris SSos MSi mengucapkan selamat ulang tahun Kementrian Agama RI ke 74. Menurutnya, usia Kemenag yang sudah 74 tahun sangat penting perannya dalam rangka membina jiwa, rohani umat manusia lintas agama, serta menyokong pembangunan Rokan Hulu yang lebih baik.

"Kami juga berharap Kemetrian agama terkhusus Kemenag Rohul bisa menciptakan keharmonisan antar umat beragama, sehingga Negeri Seribu Suluk yang kita cintai ini aman, tentram dan bersatu padu ditengah keberagaman," pesan Sekda.

Hadir dalam acaara Kakan Kemenag Kabupaten Rohul, H Syahrudin MSy, Kasubag TU Kemenag juga sebagai penanggung jawab acara, H Zulkifli Syarif, tuan rumah Kepala MTsN 3 Rohul, Drs H Afdizon, Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Rohul, Kepala KUA, Kepala Madrasah beserta segenap ASN dan honorer madrasah, guru MDTA dan ribuan siswa dan siswi MI, MTs dan MA se Kabupaten Rohul.

Pada kesempatan itu, H Zulkifli Syarif membacakan pemenang lomba sempena peringatan HAB ke 74 Kementrian Agama tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2020. Beragam cabang olahraga diperlombakan mulai dari Volly Ball, Tenis Meja. Kemudian, perlombaan ifzhil Quran, dan lomba daur ulang barang bekas.

"Kami juga umumkan pemenang lomba yang diselenggarakan di tahun 2019 lalu baik di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional," ujarnya.

Dalam pengumuman itu, MTsN 3 Rohul mencatatkan prestasi juara 1 cabor Volly Ball Putra. Kemudian, madrasah itu juga meraih penghargaan Akreditasi tertinggi jenjang MTs se Riau, nilai yang diperoleh bersaing ketat dengan MTsN 1 Pekanbaru.

Sementara, Kakan Kemenag Kabupaten Rohul, Drs H Syahrudin MSy merasa bangga dengan MTsN 3 Rohul yang bisa mengangkat nama daerah dengan beragam inovasi dan prestasi yang dicapai, tentunya ini tidak terlepas dari jerih payah dari sang Inovatif andal Kepala MTsN 3 Rohul, Drs H Afdizon.

Kakan Kemenag menilai, mantan Kepala MTsN 2 Rohul yang menyandang kepala madrasah terbaik Riau ini sudah banyak membuat terobosan yang mengharumkan nama Negeri Seribu Suluk. Dia berharap, sosok Drs H Afdizon bisa memotifasi madrasah lainnya untuk berkarya dan berinovasi.

Kepala MTsN 3 Rohul, Drs H Afdizon mengaku puas dengan penampilan petugas upacara HAB ke 20 yang penuh hikmat. Ia menilai penampilan para petugas yang diambil dari guru dan siswa madrasah tersebut gagah dan penuh penghayatan.

Ia juga menyanjung tampilan peserta Drumband, tari massal dan vokal grup MTsN 3 yang tampil enerjik, gagah sehingga menambah kemeriahan acara.

Disela-sela kagiatan, Sekda Abdul Haris bersama rombongan juga meresmikan pemakaian ruang pojok prestasi MTsN 3 Rohul, yang ditandai dengan pemotongan pita. Sekda juga berkesempatan melihat-lihat koleksi piala, piagam dan karya siswa disana.

Afdizon menjelaskan pojok prestasi bertujuan sebagai wadah pemajangan piala, piagam dan karya siswa. Ini bisa memudahkan para siswa dan orang tua untuk melihat prestasi apa saja yang pernah dicapai. Kemudian, pojok pretasi juga berguna untuk memotifasi para siswa disana agar lebih berkarya dan berprestasi.

"Dan kami buat pojok prestasi ini sebagai taman santai dan spot foto warga madrasah," terang Pria yang pernah meraih ibadah haji dan umroh dari Pemkab Rohul ini.

Adanya pojok prestasi ini mengundang rasa kagum pengunjung, seperti diutarakan Umi Haniah SPd asal Desa Dayo, Tandun yang seharinya sebagai guru di MTsN 2 Rohul. Dia mengaku kagum melihat perkembangan MTsN 3 Rohul selama dipimpin Drs H Afdizon.

"Tadi kami sempat lihat-lihat pojok prestasinya, sekalian ambil dokumentasi mulai dari ruang kamad, pojok prestasi, pojok baca, dan tata ruang yang amat rapi dan nyaman. Ini akan menjadi masukan dan contoh buat kami, kedepan bisa dikomunikasikan dengan kepala madrasah kami," tutupnya.***


Reporter   : Faisal
Editor       : Cardova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.