Tim Sekretariat Wapres Berkunjung Ke Meranti

Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Masrul Kasmy MSi, memimpin rapat pertemuan dengan Tim Sekretariat Wakil Presiden di ruang rapat melati Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Selasa (30/9/2014).

SELATPANJANG, oketimes.com- Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs Masrul Kasmy MSi, menerima kunjungan kerja Tim Sekretariat Wakil Presiden. Dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut Wabup berkesempatan memaparkan empat isu aktual kawasan perbatasan Kabupaten Kepulauan Meranti, di ruang rapat Melati Kantor Bupati, Selasa (30/9/2014).

Tim Sekretariat Wapres dari Kementerian Sekretariat Negara diwakili Asisten Deputi Bidang Pemerintahan dan Politik Dalam Negeri, Drs M Hatta Sulaiman, Kepala Bidang Hankam dan Wanbang, R Bagus Yuniadji SE MM, Kepala Sub Bidang Pemilu, Agi Fatinggi SH MH dan Kepala Sub Bidang Pemerintahan Daerah. Gito Kuncoro S.IP.

Sedangkan Wakil Bupati yang memimpin pertemuan itu turut didampingi sejumlah unsur pejabat lembaga vertikal, seperti Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, perwakilan Lanal Dumai, Perwakilan Kodim 0303 Bengkalis, serta sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kepulauan Meranti.

"Ada empat isu aktual kawasan perbatasan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, antara lain, Pertama, menyangkut Lingkungan Hidup khususnya abrasi pantai, Kedua, Perdagangan Lintas Batas, Ketiga, Infrastruktur dan Perhubungan, dan Keempat, tentang Pertahanan dan Keamanan," ungkap Wabup Masrul.

Wabup juga menjelaskan data, bahwa kondisi tingkat kemiskinan di daerah ini menurun dari kurun waktu Tahun 2010 hingga Tahun 2012, dari semula berkisar 42 persen menjadi 34 persen. "Kemiskinan di Kepulauan Meranti lebih disebabkan oleh tingginya tingkat inflasi, karena menanjaknya harga barang kebutuhan pokok," ujarnya.

Selain mengungkap tentang angka kemiskinan tersebut, Wabup juga menjelaskan data menyangkut potensi daerah, termasuk sejumlah komoditi andalan yang dimiliki oleh masing-masing Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Asisten Deputi Bidang Pemerintahan dan Politik Dalam Negeri, Drs M Hatta Sulaiman, mengatakan, kedatangan Tim ini ke Kabupaten Kepulauan Meranti guna penyediaan data dan informasi mengenai situasi yang berhubungan dengan wawasan kebangsaan dan permasalahan di wilayah perbatasan dengan negara tetangga.

"Kami juga melakukan peninjauan ke dua pulau perbatasan, yakni Pulau Rangsang dan Pulau Merbau. Peninjauan ini menyangkut pengumpulan data dan informasi masalah abrasi dan sebagainya, termasuk tentang budaya kearifan lokal yang perlu dilestarikan," sebutnya. (je)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait