Home / Hukrim / Usai Ekspos Pelaku Spesialis Curanmor L-300, Kapolresta Serahkan Mobil untuk Korban Pencurian

Korban Ucapkan Terima Kasih Kepada Jajaran Kepolisian Resta Pekanbaru

Usai Ekspos Pelaku Spesialis Curanmor L-300, Kapolresta Serahkan Mobil untuk Korban Pencurian

Kapolresta Himbau Masyarakat Waspada Terhadap Pelaku Pencurian Ranmor

Usai Ekspos Pelaku Spesialis Curanmor L-300, Kapolresta Serahkan Mobil untuk Korban Pencurian
Humas Polresta Pekanbaru For oketimes.com
Kapolresta Pekanbaru AKBP Nandang Muk'min Wijaya, SIK MH didampingi Kapolsek Tampan AKP Juper Lumbantoruan, menyerahkan mobil milik korban pencurian, usai Tim Opnal Polsek, membekuk pelaku Kamis (26/12/19) di halaman Mapolsek Tampan, Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Usai berhasil membekuk pelaku spesialis pencurian kendaraan roda empat jenis L-300 yang dilakukan tersangka DW alias Dod (30) pada Kamis (26/12/19) malam, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru, langsung memberikan mobil curian tersebut kepada korbannya, usai menggelar ekspos pengungkapan di Loby Mapolsek Tampan Kamis malam.

Konferensi Pers itu, dipimpin langsung oleh Kapolresta Pekanbaru AKBP. H Nandang Mu'min Wijaya SIK, MH, didampingi Kapolsek Tampan AKP. Juper Lumban Toruan SIK, Kasat Reskrim AKP. Awaludin Syam SIK, Kanit Reskrim Polsek Tampan Iptu Koko, serta Kasubag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Budhia.

Dalam keterangan Kapolresta AKBP Nandang, mengatakan bahwa tersangka DW (30), berhasil diamankan dua jam, usai korban mengetahui kamis pagi sekira pukuk 07.00 WIB, mobil L-300 nya hilang di parkiram depan kosannya.

"Tersangka DW kami amankan hari ini di Jalan Hangtuah Ujung Kota Pekanbaru, pagi sekira pukul 09.00 Wib," kata Kapolresta AKBP. H Nandang dalam konferensi persnya itu.

Dijelaskan Kapolresta, tersangka nekat melakukan aksinya pada Kamis (26/12/2019) di Jalan Cendrawasih Kosan Pondok Latif, Kel. Simpang Baru, Kec. Tampan Kota Pekanbaru saat mobil korban terpakir di depan kosannya.

"Korban Rendy Deputra Utama, bangun pagi hendak mau mengambil sabun mandi di dalam mobilnya yang pakir depan kosan-nya, setibanya di depan kosnya itu, korban melihat bahwa mobilnya yang diparkir sudah  raib dari tempatnya," terang Kapolresta AKBP. H Nandang Mu'min Wijaya.

Kemudian lanjut Kapolresta, korban melaporkan peristiwa yang dia alami dan ke Polsek Tampan Resta Pekanbaru dan menlanjutkan laporan yang masuk oleh Tim Opsnal Polsek Tampan untuk melakukan penyelidikan dan didapatkan informasi keberadaan pelaku.

"Usai mendapatkan informasi tentang keberadaan mobil korban, Tim Opsnal Polsek yang dipimpin langsung Kapolsek Tampan AKP Juper Lumban Toruan, segera menuju lokasi TKP. Setibanya di lokasi, Tim Opsnal Polsek Tampan, langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka DW," papar Kapolresta.

Pada saat tim  melakukan penangkapan, tersangka mencoba ingin melarikan diri dan merupaya melawan petugas, sehingga tim memberikan tindakan tegas dan terukur ke betis pelaku.

Usut-punya usut, papar Kapolresta, ternyata pelaku DW alias Dod sudah 5 (lima) kali melakukan aksinya di lokasi yang berbeda-beda, seperti yaitu di Jalan Cendrawasih depan Kosan pondok Latif, Jalan Cipta Karya dekat lapangan, Jl. HR. Subrantas 2 kali tepatnya disalah satu hotel yang ada di Soebrantas serta Jl. Suka karya Gg. Damai.

Selanjutnya, tersangka dan barang bukti (BB), 1 unit mobil merk Mitsubishi L-300, 1 buah penutup muka, 1 buah kunci T yang digunakan korban untuk beraksi digelandang ke Mapolsek Tampan guna proses penyelidikan lebih lanjut.

"Pelaku beserta barang bukti sudah kami amankan, guna penyelidikan lebih lanjut karena masih ada 1 jaringan lagi diduga teman tersangka, yang masih dalam pengejaran tim opsnal," kata Kapolresta.

Tak lama kemudian, usai Konferensi Pers berlangsung, Kapolresta AKBP. H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH, beserta jajaran nya langsung menemui korban pencurian untuk menyerahkan secara langsung barang bukti mobil tersebut ke kosan korban, yang tidak jauh dari lokasi Polsek Tampan.

Di lokasi, korban yang langsung menerima mobilnya kembali terlihat merasa terharu dan sembari mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta AKBP Nandang Mu'min Wijaya didampingi Kapolsek Tampan AKP Juper Lumbantoruan.

"Saya merasa senang dan puas dengan kinerja Kapolres. Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pak Kapolres dan Jajarannta, atas kinerjanya yang bisa mengungkap cepat kasus ini, dan juga Kapolsek beserta Kanit dan seluruh jajarannya," tutur Randy dengan penuh haru.

Ditempat yang sama, Kapolres juga menyampaikan bahwa tugas Kepolisian sudah menjadi kewajiban Polri memberi pelayanan dan mengayomi masyarakat untuk langsung mengembalikan mobil korban.

"Kami berharap dengan mengembalikan kendaraan ini, korban bisa melanjutkan pekerjaannya, dan kami dapat melaksanakan tugas mengutamakan pelayanan kepada masyarakat," ucap Kaporesta.

Tidak lupa, Kapolresta juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat kota Pekanbaru, agar selalu hati-hati atas kepemilikan kendaraannya saat parkir.

"Tolong buat kunci ganda baik itu roda dua maupun roda 4, sehingga apa yang pernah dialami saudara rendy putra (korban, red) ini tidak terjadi terhadap warga lainnya. Kita harus mencegah kejahatan dan jangan kita menjadi korban kejahatan," pungkas Kapolresta.***


Reporter    : Richarde
Editor         : Ndanres Area 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.