Gemakan Pengawasan Pilkada 2020, Bawaslu Riau Gelar Pawai Budaya dan Pameran di CFD Pekanbaru

Mewakili Gubernur Riau,Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Sudarman, didampingi Ketua Bawaslu Rusidi Rusdan, Wakil Walikota Ayat Cahyadi dan KPU Provinsi Riau, membuka Pawai Budaya dan Pameran Hasil Pengawasan Pemilu 2019 yang berlangsung di Jalan Cut Nyak Dien lokasi Car Free Night dan Car Free Day Pekanbaru, Sabtu malam 21 hingga Minggu 22 Desember 2019.

Pekanbaru, Oketimes.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau, menggelar Pawai Budaya dan Pameran Hasil Pengawasan Pemilu 2019 yang berlangsung di Jalan Cut Nyak Dien lokasi Car Free Night dan Car Free Day Pekanbaru, Sabtu malam 21 hingga Minggu 22 Desember 2019.

Turut hadir Gubernur Riau yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Sudarman, Wakil Walikota Ayat Cahyadi, KPU Provinsi Riau, Kasat Reskrim Polresta Kota Pekanbaru, Ketua Bawaslu Kab/Kota se-Provinsi Riau, Ketua Perkumpulan Paguyuban Provinsi Riau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan para peserta pawai budaya serta undangan.

Ketua Bawaslu Provinsi, Rusidi Rusdan menyampaikan bahwa dipilihnya kegiatan Pawai Budaya Pengawasan dengan menampilkan parade kesenian tradisional dan pameran hasil pengawasan Pemilu 2019 adalah salah satu bentuk penyampaian informasi sekaligus sebagai pertanggung jawaban atas amanat rakyat sebagai Pengawas Pemilu dan Pilkada.

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wujud syukur atas suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi serta sebagai pernyataan kesiapan Bawaslu dalam mengawal Pilkada serentak tahun 2020.

"Melalui kegiatan ini kami ingin menyampaikan produk perundang-undangan, dan mengajak masyarakat berpartisipatisi dalam pengawasan pilkada 20120 mendatang," kata Rusidi Rusda dalam sambutannya.

Selain itu, Rusidi Rusdan juga mengatakan dengan adanya pawai budaya pengawasan ini, dirinya mengajak semua komponen masyarakat, untuk berpartisipasi positif dalam pilkada, bijak menggunakan media sosial dan tidak menyebarkan berita hoax, atau menyebarkan keburukan dari lawan politik.

"Dalam pawai budaya ini, Bawaslu Riau  menampilkan berbagai tarian daerah, seni budaya lainnya," imbuhnya.

Gubernur Riau yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Setdaprov Riau Sudarman mengatakan pawai budaya tersebut dapat mempererat silaturahim berbagai etnis suku yang ada di Riau. Karena ujungnya adalah untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia juga menyebutkan demi menjaga sinergitas merupakan kunci utama dalam mewujudkan Pilkada serentak yang berkualitas, hal ini harus menjadi komitment bersama untuk Pilkada serentak tahun 2020 agar dapat berjalan sukses.

"Selain itu, peran media sangat diperlukan untuk menyaring berita yang menyesatkan, berita berita tentang isu atau peristiwa yang dapat menyebabkan perpecahan di tengah masyarakat kita yang majemuk," kata Sudarman.

Sementara Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Riau, yang telah memilih Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah iven pawai budaya pengawasan menjelang Pilkada serentak 2020 yang dilaksanakan di 9 kab/kota se-Riau.

Atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru, Wawako mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu yang sudah membuat kegiatan malam di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

"Ini juga merupakan bagian dari upaya-upaya kita, bagaimana menjadikan Pekanbaru sebagai Kota MICE artinya tempat meeting incentive convention and exhibition, dengan adanya kegiatan ini juga menjadi salah satu alternatif bagi warga kota yang ingin mengisi malam minggu bersama keluarga tercinta," ujar Ayat Cahyadi.

Lebih lanjut, mantan Anggota DPRD Kota Pekanbaru ini juga menyampaikan dengan masa tugas bersama Walikota Pekanbaru yang akan berakhir pada Mei 2022 mendatang.

Usai menyampaikan sambutan tersebut, acara dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda peresmian dibukanya stand pameran hasil pengawasan Bawaslu 12 kab/kota yang dilakukan oleh Gubernur Riau yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Setdaprov Riau Sudarman, didampingi Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi dan para undangan lainnya.

Tak lama kemudian, rombongan pejabat tersebut melakukan pawai dengan menyambangi stand-stand yang sudah disediakan oleh Bawaslu Kabpaten Kota di Riau di sepanjang jalan Cut Nyak Dhien Pekanbaru

Hingga Minggu 22 Desember 2019 ini, kegiatan masih dilanjutkan dengan jalan pawai di arena Car Free Day dengan mengusung spanduk yang bertuliskan pernyataan kesiapan Bawaslu Riau dan jajaran dalam mengawasi pilkada serentak tahun 2020 mendatang.***


Reporter   : Richarde
Editor        : Cardova


Tags :berita
Komentar Via Facebook :