Dinas PU Siak Bangun Irigasi Sepanjang 30 KM di Bungaraya

BUNGARAYA,oketimes.com- Untuk mendukung program pertanian dan tanaman pangan di Kabupaten Siak, Dinas PU dan Pengairan Kabupaten Siak memberikan bantuan dalam bentuk penggalian irigasi sepanjang 30 Kilometer yang berada di Kecamatan Bungaraya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Siak, Irving Kahar kepada wartawan menjelaskan, bantuan penggalian irigasi sepanjang 30 kilometer itu terbagi dalam beberapa desa dengan melihat sekala prioritas penggalian tersier demi untuk memenuhi kebutuhan air bagi petani.

"Pada 2014 ini, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi Riau telah mengucurkan anggaran untuk perbaikan pengairan saluran tersier yang ada di wilayah tanaman pangan di Kecamatan Bungaraya sepanjang 30 kilometer dan telah dikerjakan. Ini memang khusus di peruntukan bagi pemenuhan kebutuhan air bagi petani padi di Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak," jelas Irving.

Disamping itu, lanjutnya, pada 2015 juga akan ada tambahan lagi karena program Pemerintah Propinsi akan menjadikan agar kebutuhan air di kawasan pertanian tanaman pangan dapat terpenuhi secara keseluruhan maka akan dibuat irigasi dengan skala besar dan anggarannya tahun 2015 masuk Rp4 miliar.

"Pada tahun ini juga akan dilakukan penilaian oleh Penyelenggaraan Pemilihan Petugas Irigrasi Operasi dan pemeliharaan Jaringan irigasi dan Rawa Teladan Tingkat Nasional, dan lokasinya di Kecamatan Bungaraya. Oleh karena itu ini juga bagian dari dukungan bahwa irigasi yang ada di Kecamatan Bungaraya cukup bagus dan ini telah dibuktikan. Dengan adanya pembangunan irigasi, maka kebutuhan pertanian akan air sudah bisa terpenuhi walaupun belum semuanya akan tetapi ini juga akan dilakukan secara berangsur, dimana jaringan tersier ini sangat penting, sebab tidak semua sawah petani berada di jaringan irigasi harus ada tersier yang bisa menyalurkan air ke setiap tersier," urainya.

Sementara itu Kepala Dinas pangan Holtikultura kabupaten Siak Ir Hj Robiati MP menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Siak berusaha agar kebutuhan petani baik yang menyangkut kebutuhan air untuk pemenuhan sawah secara perlahan terus diupayakan dipenuhi, agar petani tanaman pangan tidak lagi kesulitan air, memang masih ada beberapa tempat yang memang harus dilakukan adanya pemnbersihan jaringan tersier.

"Maka untuk tahun ini sudah luar biasa pemerintah mengalokasikan anggaran untuk memenuhi kebutuhan air dan dana ini dari APBN dan APBD Propinsi Riau. Dan tahun 2015 yang akan datang akan kembali dilakukan alokasi anggaran untuk pengairan Rp4 Miliar. Ini tentunya luar biasa, karena itu kita berharap agar para petani juga memiliki semangat yang tinggi dalam becocok tanam untuk memenuhi Kebutuhan pangan di Riau," tukasnya.(man)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait