Home / Senibudpar / Riau Miliki 36 Destinasi Wisata Menawan Wisatawan

Riau Miliki 36 Destinasi Wisata Menawan Wisatawan

Riau Miliki 36 Destinasi Wisata Menawan Wisatawan
Istimewa
Pesona alam Suligi Hill : Pesona pagi di puncak Bukit Suligi (Suligi hill) Negeri atas awan di Desa Aliantan Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu, provinsi Riau

Pekanbaru, oketimes.com – Guna menarik wisatawan dalam negeri dan manca negara, pemerintah provinsi bersama Kabupaten/Kota di Riau, tengah mengembangkan dan mempromosikan 36 destinasi wisata lokal andalan untuk masyarakat luas.

"Sebanyak 36 destinasi wisata lokal itu tersebar di 12 Kabupaten-Kota di Riau," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman, kepada oketimes.com pada Kamis, 29 Agustus 2019 pagi lewat ponselnya.

Selaras dengan itu, Fahmizal menyebutkan, kini pihaknya bersama dinas terkait di kabupaten/kota, tetap berkomiten dan terus berupaya untuk mengembangkan potensi destinasi wisata lokal kepada masyarakat luas. Termasuk melakukan upaya pembinaan dan peningkatan SDM serta infrastruktur di daerah objek wisata tersebut.

"Jika untuk pengembangan SDM, kita terus berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata setempat. Sedangkan untuk pengembangan infrastruktur, itu tanggung jawab dinas PU Kota dan Provinsi," ungkap Fahmizal.

M Rais Zakaria selaku Kelompok Sadar Pariwisata (Darwis) di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, mengaku hingga kini di desa tersebut ada 11 air terjun dan goa yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

"Kalau untuk saat ini andalan destinasi wisata di Kabun Rokan Hulu, adalah puncak Bukit Suligi Hill 812 Mdpl, dengan ketinggian bukit mencapai 812 meter," paparnya.

M Rais yang juga sebagai Kepala Desa Aliantan itu, mengaku dengan adanya objek wisata lokal tersebut, selama 2 tahun terakhir ini desa tersebut sudah di kunjungi para wisatawan lokal dan bahkan manca negara selama itu.  

"Ada sekitar kurang lebih 20.000 pengunjung yang sudah datang ke desa ini, untuk melihat keindahan alam 'Bukit Suligi Hill Mdpl 812' pengunjung yang sudah datang dari berbagai penjuru, termasuk wisatawan lokal dan manca negara," pungkas M Rais.

Menurutnya, semenjak dirinya melakukan penjajakan potensi wisata alam tersebut, setidaknya dirinya bersama instansi terkait, terus melakukan koordinasi dengan dinas pariwisata di daerah dan provinsi. Hal itu dilakukan agar upaya peningkatan objek wisata lokal perlu di kembangkan dan di sosialisasikan kepada masyarakat luas.***


Pewarta : Richarde
Editor     : Cardova           

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.