27 JCH Riau Dirawat Tim Medis di BPIH

PEKANBARU, oketimes.com- Sebanyak 27 Jemaah Calon Haji (CJH) asal Riau tengah dalam pengawasan tim medis di tanah suci, Mekkah. Dua puluh tujuh CJH tersebut saat ini tengah mengalami gangguan kesehatan dan mendapatkan perawatan di balai pengobatan haji indonesia (BPIH) Riau.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Riau, M Aziz kepada wartawan. Dikatakannya, saat ini rangkaian ibadah haji di Riau terus berjalan, tingginya aktivitas dan rutinitas di tanah suci menyebabkan kesehatan Jemaah Calon Haji (JCH) mudah menurun.

"Saat ini cuaca di mekkah diatas 40 derajat dan memang membuat kesehatan JCH yang mengalami terganggu. Tapi itu tidak menghambat rangkaian ibadah haji. Kondisi itu secara prinsip dikarenakan faktor keletihan dan semangat yang tinggi dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji," katanya, Rabu (24/9).

Ia juga mengungkapkan penanganan kondisi kesehatan haji tersebut dan pihak tenaga kesehatan terus melakukan pelayanan. Bahkan, beberapa JCH sudah dirawat di beberapa sarana kesehatan.

"Ya memang ada 27 jemaah  yang dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia dan ada yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi, sebagian besar karena kecapean dan ada yang memaksakan diri untuk beribadah," tuturnya.

Saat ditanyakan mengenai jumlah JCH yang mengalami gangguan kesehatan, Aziz mengaku tidak mengetahui secara terperinci. Kendati demikian, ia memberikan gambaran, langkah pelayanan kesehatan terus dilakukan untuk JCH.

"Rangkaian ibadah haji terus berjalan. Saat ini, seluruh JCH Riau sudah berada di Mekkah, dan dan mempersiakan diri ke arafah," tukasnya. (dea)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait