Inilah, Sengketa Tata Batas Pelalawan-Inhu

PELALAWAN, oketimes.com- Hingga saat ini tata batas Kabupaten Pelalawan dengan Kabupaten tetangganya Indragiri Hulu belum juga putus. Pasalnya Inhu belum menyerahkan hasil pelacakan tata batas kepihak Propinsi.

Seperti hasil musyawarah di Tingkat Propinsi, menyebutkan bahwa kesepakatan dibuat setelah masing-masing Kabupaten melakukan pelacakan sesuai versinya masing-masing.

Demikian dikatakan Asisten 1 Setdakab Pelalawan Hadi Penandio kepada wartawan, Selasa (4/2). Menurutnya, pihak Pelalawan sudah mengeluarkan hasil pelacakan tata batas dengan melibatkan Dinas dan Badan serta instansi terkait.

Sedangkan Inhu, hingga saat ini belum ada konfirmasi kesiapan hasil pelacakan tata batas dari Pemkab Inhu. ' Kalau Pelalawan sudah ada tata batas yang dibuat dan telah diserahkan ke pihak Propinsi.Hanya saja Inhu belum ada informasinya soal hasil pelacakan mereka,' kata mantan Kabag Tapem tersebut.

Hadi menambahkan, dari hasil pelacakan tata batas versi Pelalawan yakni berjarak 800 meter dari tugu yang ada saat ini. ' Jika nantinya ini akan menjadi masalah dari Propinsi telah menyampaikan akan dibagi dua.Jadi misalkan dibagi 2 maka akan berjarak 200 meter dari tugu yang berada di Ukui 2,'sambungnya.

Kesepakatan tata batas yang nantinya dibuat tetap tidak akan menghilangkan hak masyarakat seperti kepemilikan tanah dan lahan. ' Cuma akan ada pemutihan dan pemindahan adiministrasi saja. Begitu juga soal aset, baik aset Pelalawan yang masuk ke Inhu akan tetap menjadi milik Pelalawan begitu juga sebalikya,' ujar Hadi. (JUL/oke)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait