Upacara Virtual Bersama Presiden Jokowi, Gubri Ajak Masyarakat Jadikan Pancasila Ideologi Negara

Meski pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melanda, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, turut mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020, secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Senin 1 Juni 2020.

Pekanbaru, Oketimes.com - Meski pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melanda, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, turut mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020, secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Senin 1 Juni 2020.

Upacara tersebut juga diikuti Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Maharani, serta Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Gubernur se-Indonesia.

Dengan bertemakan "Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju". Menjadi motto bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengikuti upacara memperingati hari lahir pancasila di Nusantara.

Tidak terkecuali di Riau, bertempat di gedung Daerah Balai Serindit komplek Gubernuran, Gubernur Riau H Syamsuar bersama Pejabat Tinggi Pratama provinsi, turut mengikuti upacara secara virtual tersebut. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020," kata Gubernur Riau Syamsuar di sela upacara.

Pada kesempatan itu, Gubri mengatakan Pancasila adalah ideologi Negara yang harus dijaga bersama dan mengajak masyarakat Riau untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman bernegara dan diamalkan disetiap perbuatan sehari-hari.

Menurutnya, dalam masa pandemi Covid-19 ini, gubri mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencintai Pancasila dengan menerapkan perilaku yang menjunjung tinggi kebersamaan, musyawarah dan saling gotong royong antar sesama. "Disamping itu, jangan lupa berdoa semoga Allah SWT mengakhiri musibah Covid-19 di Bumi Indonesia," harapnya.

Sementara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dalam amanatnya, menyampaikan meski peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan ditengah pandemi yang akan menguji daya juang bangsa. Ia mengajak agar tetap tegakkan kedisiplinan, kepatuhan, ketahanan dan mengambil langkah bijak yang tepat dan cepat.

"Dengan keadaan seperti ini, jadikan keadaan ini membuat kita menjadi saling tolong menolong antar sesama," pung Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan jadikan Pancasila sebagai nilai yang terus bergelora dalam setiap semangat dan mengajak seluruh pimpinan dan elemen bangsa dipenjuru negara dari Sabang sampai Merauke, untuk terus menumbuhkan rasa perduli dan semangat gorong royong terhadap sesama.***


Reporter   : Richarde  /    Editor : Cardova  

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait