Home / Sosial / Kerja Sama dengan DPR RI, RS Awal Bros Disenfeksi 12 Masjid dan Pasar

Kerja Sama dengan DPR RI, RS Awal Bros Disenfeksi 12 Masjid dan Pasar

Kerja Sama dengan DPR RI, RS Awal Bros Disenfeksi 12 Masjid dan Pasar
Faisal
Dalam rangka kampanye pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), RS Awal Bros Ujung Batu melaksanakan disenfeksi terhadap rumah ibadah dan pasar yang ada di wilayah Pasirpengaraian, Kecamatan Rambah, Minggu 29 Maret 2020.

Pasir Pengaraian, Oketimes.com - Dalam rangka kampanye pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), RS Awal Bros Ujung Batu melaksanakan disenfeksi terhadap rumah ibadah dan pasar yang ada di wilayah Pasirpengaraian, Kecamatan Rambah, Minggu 29 Maret 2020.

Bakti sosial ini terlaksana berkat kerjasama RS Awal Bros Ujung Batu bersama anggota DPR RI Komisi VIII, Drs H Achmad, yang pada 5kesempatan itu juga mengerahkan puluhan relawan partai.

Panas terik matahari yang naik terasa sampai ke ubun-ubun, tidak sedikit pun menyurutkan semangat para Relawan RS Awal Bros Ujung Batu melakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat ibadah dan fasilitas umum yang tersebar di wilayah Pasirpengaraian, Kecamatan Rambah, Minggu (29/3/2020).

Penyemprotan desinfektan dalam rangka Bakti Sosial (Baksos) oleh RS Awal Bros Ujung Batu ini bekerjasama dengan Anggota DPR RI Komisi VIII, Drs H Achmad MSi.

Untuk Baksos sendiri pihak RS Awal Bros menerjunkan 30 orang relawan, dan pihak rumah sakit juga menyiapkan 3.000 liter cairan desinfektan di dalam tong berukuran besar yang diangkut dengan mobil bak terbuka.

Baksos yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB, diawali dengan sarapan bersama di kediaman pribadi anggota DPR RI Drs H Achmad MSi di Jalan Syekh Ibrahim Desa Babussalam, Kecamatan Rambah.

Setelah itu, relawan RS Awal Bros Ujung Batu yang dipimpin langsung oleh Direktur rumah sakit, dr Sofi Sumarlin bersama tim dari Partai Demokrat yang dikomandoi Drs H Achmad MSi bertolak menuju Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Pasir Pengaraian lokasi pertama yang dilakukan penyemprotan desinfektan.

Hingga siang hari, ada 12 Masjid yang berhasil di semprot cairan disenfektan diluar MAIC Pasirpengaraian ada Masjid Masjid Al Hikmah, Masjid Jamik, Masjid Raya, Masjid Taqwa, Masjid An Nur, Masjid Al Hilal Luba Hilir.

Kemudian, Masjid Al Ikhlas, Masjid Silaturahim, 1 masjid di Desa Sukamaju, dan di 1 masjid lainnya di Pasar Desa Surau Gading, Kecamatan Rambah Samo.

Bukan saja fasilitas ibadah, tim Baksos RS Awal Bros dan Komisi VIII DPR RI ini juga menyambangi Pasar Moderen dan Pasar Lama Pasirpengaraian, selanjutnya kawasan pemukiman warga di jalan Syekh Ibrahim Desa Babussalam.

Di masjid yang hari itu dibersihkan dengan cairan desinfektan, tim Baksos juga membagikan tiap satu masjid 1 pcs cairan pencuci tangan atau hand sanitizer. Dan di masjid-masjid itu, petugas dari RS Awal Bros Ujung Batu juga terlihat memasang spanduk berisikan ajakan untuk menggunakan perlengkapan ibadah yang dibawa dari rumah masing-masing.

Sedangkan di fasilitas pasar, tim Baksos baik itu dari RS Awal Bros dan dari tim H Achmad membagikan masker kepada pedagang dan warga yang berbelanja disana.

"Untuk kegiatan Baksos, kami menurunkan 30 tim, kegiatan hari ini memang diniatkan untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat, sekaligus kampanye bahwasanya kita harus bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona di daerah ini," ujar dr Sofi Sumarlin menjawab wartawan di sela kegiatan baksos.

Lanjut dr Sofi Sumarlin, selain kampanye memutus mata rantai wabah corona, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat baik melalui media sosial, atau pun secara langsung kepada masyarakat, terutama yang ada di sekitar RS Awal Bros Ujung Batu.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar ikut ambil bagian memutus mata rantai penyebaran virus corona ini, setidaknya dengan menjaga kesehatan pribadi dan keluarga.

"Kita juga sudah pasang spanduk di tiap masjid yang dikunjungi, dimana kita mengajak terutama jamaah masjid agar dalam pelaksanaan ibadah bisa menggunakan perlengkapan yang dibawa dari rumah," ajak dr Sofi Sumarlin.

Setelah Baksos di ibukota Kabupaten Rokan Hulu, RS Awal Bros sendiri berencana dalam waktu dekat akan melakukan giat yang sama di Kecamatan Ujung Batu. Dimana, sasaran lokasinya adalah masjid dan tempat-tempat yang jadi persinggahan umum.

Sementara Anggota DPR RI Komisi VIII, Drs H Achmad MSi sangat mengapresiasi semangat para relawan RS Awal Bros yang dengan niat ikhlas bisa membantu masyarakat khususnya di Pasirpengaraian dalam memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19.

"Kita berharap melalui kegiatan hari ini, bisa mengedukasi masyarakat agar sadar bahwa wabah covid-19 sangat berbahaya. Sebab, virus ini media penyebaran adalah manusia," jelas mantan Bupati Rohul 2 periode itu. (sal)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.