Home / Internasional / Usai Pangeran Charles, Giliran PM Inggris Positif Covid-19

Usai Pangeran Charles, Giliran PM Inggris Positif Covid-19

Usai Pangeran Charles, Giliran PM Inggris Positif Covid-19
Ist
Foto inset : Pangeran Charles dan Boris Johnson Perdana Menteri Inggris.

London, Oketimes.com - Wabah corona virus disease 2019 atau covid-19 mulai menjangkiti para petinggi negara dan Kerajaan Dunia dalam sepekan ini. Setelah Pangeran Charles, dinyatakan positif terpapar covid-19, kini giliran Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengalami nasib yang sama.

Boris Johnson mengatakan dalam 24 jam terakhir ia batuk dan suhu tubuh meningkat dan melakukan isolasi mandiri di Downing Street 10, kantor dan kediaman perdana menteri Inggris, namun tetap akan "melanjutkan memimpin pemerintahan dalam menangani virus melalui sambungan video."

Perdana Menteri Inggris itu, dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19, setelah PM Johnson dilaporkan mengalami gejala ringan dan kini tengah menjalani isolasi diri.

"Dalam 24 jam terakhir, saya mengalami gejala-gejala ringan dan dinyatakan positif virus Corona," tulis PM Johnson via Twitter, seperti dilansir CNN, Jumat (27/3/2020).

"Saya sekarang melakukan isolasi diri (self-isolating), tapi saya akan terus memimpin respons pemerintahan via video-conference saat kita memerangi virus ini. Bersama kita akan mengalahkan ini," imbuhnya.

Usai pengumuman Johnson terinfeksi virus corona, tak lama kemudian Menteri Kesehatan Matt Hancock juga mengatakan ia positif terkena virus corona. Hancock mengatakan gejala yang ia rasakan juga ringan dan ia melakukan isolasi mandiri dan bekerja dari rumah. Akan tetapi mengenai kabar Menteri Kesehatan tersebut positif terkena virus corona belum diketahui secara pasti.

Sebelumnya, juru bicara kantor PM Inggris atau Downing Street, menyatakan pemeriksaan virus Corona dilakukan terhadap PM Johnson yang kini berusia 55 tahun itu, atas saran otoritas kesehatan Inggris. Pemeriksaan dilakukan, setelah PM Johnson mengalami gejala ringan pada Kamis (26/3/2020) waktu setempat.

"Setelah mengalami gejala ringan kemarin, Perdana Menteri menjalani pemeriksaan virus Corona atas saran pribadi Kepala Medis Inggris, Profesor Chris Whitty," demikian pernyataan juru bicara Downing Street.

"Pemeriksaan dilakukan di (Downing Street) No 10 (sebutan kantor PM Inggris-red) oleh staf NHS (Layanan Kesehatan Nasional Inggris) dan hasilnya dinyatakan positif. Sesuai dengan panduan, Perdana Menteri menjalani isolasi diri di Downing Street," imbuh juru bicara itu.

Sejauh ini, otoritas Inggris mengonfirmasi lebih dari 11 ribu kasus virus Corona di wilayahnya, dengan 578 orang meninggal dunia.***


Source  : CNN  / Editor  : Van Hallen 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.