DPRD Bengkalis Bersma Pemkab Gelar Rapat Penanganan Virus Corona di Negeri Junjungan

Ketua DPRD Bengkalis H. Khairul Umam, Lc bersama anggota dan dihadiri oleh PLH Bupati Bengkalis H Bustami HY, Kapolres Bengkalis, Dandim 0303 Bengkalis, Kepala Imigrasi Bengkalis, Kepala Dinas Pelabuhan Bengkalis, Bea dan Cukai, Syahbandar, Ketua IDI Bengkalis, Pernakes Bengkalis, Ketua IBI Bengkalis, Ketua PMI Bengkalis, Ketua IAAI Bengkalis, dan beberapa instansi pemerintah daerah yang terkait melakukan rapat lintas komisi bersama jajaran Pemerintah Kabupaten dengan melibatkan Forkopimda dan elemen kesehatan di Lingkup Kabupaten Bengkalis, Riau Senin 24 Maret 2020 bertempat di Ruang Rapat DPRD setempat.

BENGKALIS, Oketimes.com - Guna menyikapi masalah penanganan dan upaya pencegahan corona virus disease 2019 (Covid-19) yang kini menjadi permasalahan secara Nasional, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis, melakukan rapat lintas komisi bersama jajaran Pemerintah Kabupaten dengan melibatkan Forkopimda dan elemen kesehatan di Lingkup Kabupaten Bengkalis, Riau Senin 24 Maret 2020 bertempat di Ruang Rapat DPRD setempat.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bengkalis H. Khairul Umam, Lc beserta anggota dan dihadiri oleh PLH Bupati Bengkalis H Bustami HY, Kapolres Bengkalis, Dandim 0303 Bengkalis, Kepala Imigrasi Bengkalis, Kepala Dinas Pelabuhan Bengkalis, Bea dan Cukai Bengkalis, Syahbandar, Ketua IDI Bengkalis, Pernakes Bengkalis, Ketua IBI Bengkalis, Ketua PMI Bengkalis, Ketua IAAI Bengkalis, dan beberapa instansi pemerintah daerah yang terkait.

Dalam rapat itu, Ketua DPRD H Khairul Umam menyampaikan di sela rapat terkait permasalahan dan antisipasi terkait penanganan wabah virus corona atau covid-19 adalah merupakan pekerjaan rumah bersama dan tidak bisa ditangani oleh sebelah pihak saja.

"Kami DPRD Kabupaten Bengkalis, tentunya mensuport terhadap semua kinerja stakeholder terkait penanganan kasus ini, dari segi anggaran kami janji akan mempermudah penganggarannya asalkan dilaksanakan dengan teransparansi agar tidak timbul masalah," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Khairul Umam juga menyampaikan terkait langkah-langkah yang sudah dilaksanakan, baik yang sudah dilakukan oleh pemerintah maupun dari TNI dan POLRI, menurutnya sudah sangat luar biasa dalam upaya melaksanakan pencegahan terhadap perkembangan wabah virus corona di kabupaten bengkalis.

"Seperti yang kita semua sudah ketahui sosialisasi yang sangat gencar di laksanakan secara bersama-sama, baik dari pemerintah, TNI dan POLRI, penyemprotan dengan menggunakan disinfektan kesejumlah fasilitas umum, rumah ibadah, perkantoran, dan sejumlah pelabuhan yang ada di wilayah bengkalis," ulasya.  

Meski begitu lanjut Khairul Umam, ia sangat berharap agar masyarakat kabupaten bengkalis tetap mengikuti langkah-langkah yang sudah di sosialisasikan oleh tim gugus tugas penanganan wabah virus corona tersebut.

"Menjaga kebersihan, mencuci tangan, menjaga pola hidup sehat, dan tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak untuk beraktifitas di luar," pungkas H Khairul Umam.

Sementara itu, Plh Bupati Bengkalis H. Bustami, HY menyampaikan dalam rapat tersebut bahwa pihaknya telah melakukan himbauan terhadap kewaspadaan Covid-19 kepada masyarakat melalui surat edaran Bupati Bengkalis.

Kemudian membuat baliho di tempat-tempat strategis yang semuanya merupakan imbauan kepada masyarakat, untuk melakukan penanggulangan terutama melakukan pola hidup sehat.

Himbauan untuk tetap di rumah dan lainnya untuk memutus mata rantai virus ini dan Penyuluhan dilakukan oleh tenaga kesehatan dan TNI Polri serta tokoh masyarakat juga berperan aktif dalam mensosialisasikan bahaya Covid-19.

Menurutnya, dalam penanggulangan ini telah dibuat rencana kerja. Jika seandainya virus berkembang di Kabupaten Bengkalis maka telah disediakan tempat isolasi (Balai Diklat yang sudah berfungsi sejak semalam sebagai tempat karantina, Wisma Atlit yang sedang dibersihkan, RSUD Bengkalis ada 5 tempat tidur dan RSUD Mandau ada 4 tempat tidur).

Jika memang dibutuhkan RSUD Mandau telah menyiapkan satu lantai (Lantai 4) untuk isolasi. Saat ini di Duri Kecamatan Mandau baik PDP maupun ODP berjumlah 0, tetapi harus dimaklumi bahwa Duri adalah jalan lintas yang bisa jadi menjadi tempat persinggahan orang-orang dari daerah lain.

Selain itu, Plh Bupati Begkalis tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penanggulangan Covid-19 ini serta terus mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi himbauan dari Pemerintah. Semua upaya tersebut, akan sangat tidak berarti jika tidak ada peran serta dari masyarakat. Imbauan untuk di rumah saja, hendaknya dipatuhi demi meminimalisir penyebaran covid19.

"Mari mulai mencegah penyebaran virus ini dari diri sendiri dan keluarga serta lingkungan kita. Batasi diri untuk berkumpul dan keluar rumah jika memang tidak ada keperluan yang mendesak. Biarlah anak - anak kita menangis karena dilarang keluar rumah, daripada kita yang menangis karena terpapar virus ini dan menjadi korban," katanya.

"Tak dapat dibayangkan jika bagian dari keluarga kita menjadi penambah statistik korban meninggal, dan kita tak mampu mengantarkan ke peristirahatan terakhir dengan selayaknya," imbuh Plh Bupati Bengkalis H. Bustami, HY.  

Terkait anggaran lanjut Plh Bupati Bengkalis H. Bustami HY, saat ini DPRD Bengkalis akan melanjutkan rapat pimpinan membahas tindak lanjut dari rapat sebelumnya. Mengingat hal ini sudah mengkhawatirkan, dan juga sesuai dengan instruksi presiden No. 4 tahun 2020 dan turunannya Permendagri dan Permenkeu, maka perubahan anggaran akan dilakukan secepatnya.

Sekretaris DPRD Bengkalis Radius Akima dalam wawancaranya menjelaskan bahwa agenda rapat lintas komisi pada hari ini merupakan upaya mencari solusi dalam penanganan dan langkah langkah apa saja yang sudah mau pun yang belu di laksanakan oleh pemerintah terkait pencegahan wabah virus corona atau covid 19 yang ada di bengkalis.

"Kita mengundang lebih kurang tiga puluh orang dalam rapat pada hari ini, dima mereka semua adalah bagian dari gugus yang mewakili dari para stekholder dalam penanganan kasus wabah virus corona yang ada di kabupaten bengkalsi. Dari rapat pada hari ini tentunya kita berharap akan dapat mendengarkan bersama sama apa keluhkesah yang di hadapi dalam upaya penanganan covid 19 ini," ujar Sekretaris DPRD Bengkalis Radius Akima.

Menurutnya dari DPRD sendiri akan memberikan dukungan penuh terhada pemerintah dalam bentuk anggaran yang di perlukan. Seperti yang diketahui bersama bahwa anggaran sudah disahkan jauh jauh hari sebelum wabah virus ini muncul.

"Karena itu dengan adanya rapat pada hari ini nantinya akan kita lakukan hering dalam pembahasan anggaran bersama anggota DPRD dalam upaya pengaggaran dana penenganan dan pencegahan covid 19 tersebut," pungkas Radius Akima.***

 

Reporter   : Putra Tanjung   / Editor  : Cardova

 


Tags :berita
Komentar Via Facebook :