Home / Pemerintahan / Tetapkan Siaga Darurat Covid-19, Gubri Paparkan 7 Poin Penting Acuan Stakeholder

Tetapkan Siaga Darurat Covid-19, Gubri Paparkan 7 Poin Penting Acuan Stakeholder

Tetapkan Siaga Darurat Covid-19, Gubri Paparkan 7 Poin Penting Acuan Stakeholder
Biro Adpim Setdaprov Riau For oketimes.com
Gubernur Riau Syamsuar saat memimpin rapat bersama pembahasan penanggulangan penyebaran COVID-19 di Provinsi Riau, di Balai Serindit Gedung Daerah Riau, Senin 16 Maret 2020.

Pekanbaru, Oketimes.com - Guna mengantisipasi ancaman corana virus disease 2019 atau Covid-19 merebak ditengah-tengah masyarakat riau saat ini, Gubernur Riau Syamsuar, menetapkan status Provinsi Riau sebagai Siaga Darurat Covid-19 pada Senin 16 Maret 2020.

Penetapan status tersebut dilakukan pasca pemerintah pusat telah menetapkan siaga darurat terlebih dahulu sejak Minggu 15 Maret 2020 dan diharapkan mampu mempercepat kerja sama antar daerah yang ada di Riau.

"Tidak ada acuan dalam penetapan ini, kami hanya berharap langkah pencegahan bisa terus dilaksanakan," kata Gubri Syamsuar kepada Wartawan Senin 16 Maret 2020, usai memimpin rapat bersama pembahasan penanggulangan penyebaran COVID-19 di Provinsi Riau, di Balai Serindit Gedung Daerah Riau.

Hadir dalam rapat tersebut, diantaranya, Kapolda Riau diwakili oleh Karo OPS Polda Riau, Kombes Pol Drs Rahmat Hidayat, Kejati Riau diwakili oleh Wakajati Riau Tri Sandono, Dandrem 031/WB Brigjen TNI Mohammad Fadjar, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, Binda Riau diwakili oleh Kabag OPS Binda Riau Sigit.

Kemudian juga hadiri seluruh Asisten di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, Kepala Dinas/Badan di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, Bupati dan Walikota se-Riau, Kepala Dinas Kesehatan se-Provinsi Riau, Kepala Dinas Perhubungan se-Provinsi Riau, Kepala Dinas Pendidikan se-Provinsi Riau, Kepala BPBD Se-Provinsi Riau.

Ditambahkan Syamsuar, pihaknya juga telah melakukan konsultasi dengan kepala gugus tugas pencegahan Corona di Indonesia, sekaligus Kepala BNPB RI Doni Monardo, dalam penetapan tersebut.

Dia berharap, status baru tersebut mampu meningkatkan kesiapsiagaan Riau dalam menangani penyebaran virus corona di Riau. "Sudah minta tanggapan kepala gugur tugas, biar kita semakin waspada," ujarnya.

Selain itu, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan 7 (tujuh) poin penting, dalam rapat pembahasan penanggulangan penyebaran COVID-19 bersama Forkopimda Riau, Bapati dan Wali Kota di Riau.

Adapun ketujuh poin penting yang disampaikannya tersebut kepada pemangku kepentiangan itu, diantaranya :

Pertama, Sesuai dengan Kepres Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Percepatan Penanganan Virus Corona Virus Discrase 2019 (COVID-19) yang mana Presiden menunjuk langsung sebagai kepala Gugus Tugas penanggulangan Covid-19 yaitu Kepala BNPB RI, Doni Monardo.

Kedua, untuk di Riau yang dinyatakan Suspect Virus Corona sebanyak 17 Orang Dari Seluruh Provinsi Riau. Dimana 9 Orang Pasien, telah keluar hasil nya dan dinyatakan hasil Negatif Virus Corona.

Ketiga, Rumah Sakit Rujukan di Provinsi Riau yaitu ada di RSUD Arifin Achmad, RSUD Puri Usada Tembilahan, dan RSUD Dumai.

Keempat, Pemerintah Provinsi Riau juga sudah meliburkan pelajar baik itu (Paud/TK, SD, SMP, SMA dan Universitas). Kemudian untuk Instansi Pemerintah Provinsi Riau juga sudah meniadakan kegiatan diluar, dan meniadakan Absensi Fingerprint.

Kelima, sesuai Perintah Presiden agar semua rumah sakit di provinsi Riau baik di Kabupaten Kota agar bisa membantu pemerintah agar bisa cepat menangani penyebaran Wabah Virus Corona. Baik itu menyediakan tempat untuk Isolasi maupun ruang penanganannya.

Keenam, menginstruksikan kepada seluruh Perusahaan di Provinsi Riau untuk mengisolasi semua kegiatannya. Lalu juga meminta agar Perusahaan membantu untuk menangani pasien yang Suspect Virus Corona.

Ketujuh, meminta Bantuan Kepada Rektor Universitas Riau untuk mempersiapkan Fasilitas Labor untuk dalam mengecek hasil Labor Virus Corona.

Demikian ketujuh arahan tersebut disampaikan kepada para pemangku kepentingan, untuk dapat menjadi acuan guna mengantisipasi wabah Covid-19 pasca, penetapan Provinsi Riau ditetapkan siaga Corona Virus Disease 2019.***


Reporter    : Richarde  / Editor   : Cardova  

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.