Wagubri: `Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila ke Generasi Muda`

PEKANBARU, oketimes.com- Wakil Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman menjadi inspektur upacara (Irup) Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Gubernur Riau. Dalam upacara itu, Wagubri mengimbau generasi muda untuk menanam nilai-nilai pancasila sebagai lambang negara.

Dalam upacara tersebut, Wagubri membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh. Dikatakannyan, generasi muda harus terus-menerus menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi, utamanya para generasi penerus bangsa Indonesia yang kita cintai ini.

"Dalam konteks ini, pendidikan merupakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif, karena melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman, pengembangan  dan pengamalan nilai Pancasila dapat dilakukan secara sistemik, sistematik dan secara masif," katanya, Rabu (1/10).

Masih katanya, fenomena dalam era Globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar komunitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil. Di antara nilai atau faham yang melintas-batas itu adalah radikalisme. Faham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain.

"Kenyataan sosial politik seperti ini sudah seharusnya meneguhkan sikap kita, bahwa Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita. Sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera," tukasnya.

Hadir dalam apel hari kesaktian pancasila itu yakni Sekda Riau, Zaini Ismail, pejaba eselon II, III dan IV serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Riau.(adv/dea)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait