SMPN 6 Pekanbaru Terapkan Program K7

PEKANBARU, oketimes.com- Meningkatkan pelayanan prima kepada siswa sembari menanamkan rasa cinta akan lingkungan, SMPN 6 Pekanbaru menerapkan program K7 (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Ketentraman, Kesehatan dan Keakraban) kepada siswa.

Kepala SMPN 6 Pekanbaru, Zamhuri SPd mengatakan program tersebut juga didasari untuk memberikan kenyamanan terhadap siswa saat menjalani Proses Belajar Mengajar (PBM).

"Dengan program ini diharapkan bisa memberikan rasa kenyamanan kepada siswa, khususnya saat PBM berlangsung," ujar Zamhuri, Selasa (30/9) di ruang kerjanya.

Dijelaskan Zamhuri, melalui program K7, pihaknya ingin menanamkan bagaimana pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan di sekolah kepada siswa. Selain itu, K7 juga merupakan salah satu upaya SMPN 6 menuju sekolah berwawasan lingkungan atau sekolah Adiwiyata

"Jika siswa sudah terbiasa hidup dengan bersih dan aman, guru pun akan gampang mengajar saat PBM berlangsung tanpa perlu bersusah payah untuk terus mengingatkan siswa membersihkan ruang kelasnya sebelum mengajar. Ini juga merupakan lagkah serius kami menuju sekolah Adiwiyata," Ungkapnya.

Lebih lanjut, sejak penerapan program K7 dilaksanakan, kebersihan dan keindahan sekolah jauh lebih baik dari sebelumnya. Diakui Zamhuri pihaknya berusaha melakukan pendekatan secara
emosional kepada siswa dalam menjalankan semua tata tertib sekolah.

"Melalui program ini, guru semakin mudah mengarahkan siswa untuk terus berupaya meningkatkan kemampuan siswa, termasuk untuk mengajari mereka menjaga kebersihan maupun menjalankan program K7," tutur Zamhuri.

Zamhuri berharap kedepan program K7 tersebut bisa terwujudkan dengan lebih baik dan meningkat. Sehingga, jika semua pihak sekolah sudah bisa menjalankan program K7, tentu lingkungan sekolah menjadi lebih bersih, indah dan nyaman. Tidak hanya bagi stokcholder sekolah, tapi bagi siapa saja yang mengunjungi sekolah.

"Diharapkan program ini tidak hanya sebagai suatu seremonial saja, tapi bisa dilaksanakan terus menerus agar para siswa bisa menjadi lebih sadar bahwa menjaga kebersihan ini sangat penting," terang Zamhuri.(fin)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait