MAN 1 Pekanbaru Lakukan Budidaya Ikan

PEKANBARU, oketimes.com- Sebagai salah satu sekolah di Riau yang masuk dalam penilaian Adiwiyata nasional atau sekolah berwawasan lingkungan, MAN 1 Pekanbaru semakin gencar melakukan persiapan dan pembenahan, guna memperindah lingkungan sekolah. Tidak hanya menggesa keindahan dan kebersihan lingkungan sekolah, MAN 1 juga terus berkomitmen menanamkan rasa dan sikap membudayakan cinta lingkungan kepada warga sekolah, baik guru, karyawan maupun siswa.

Bentuk komitmen tersebut dibuktikan MAN 1 melalui berbagai program lingkungan, salah satunya adalah program membudidaya ikan, khususnya ikan nila. Demikian disampaikan Staf Humas MAN 1 Pekanbaru, Atikah Hermansyah SPd, Selasa (30/9) diruang kerjanya.

"Budidaya ikan ini merupakan salah satu faktor pendukung penilaian Adiwiyata nasional. Saat ini kami sudah memiliki delapan kolam budidaya ikan," sebut Atikah.

Bahkan, lanjut Atikah belum lama ini Dinas Pertanian dan Perternakan Kota Pekanbaru juga turut membantu MAN 1 sebagai sekolah peraih Adiwiyata nasional dengan memberikan 2.000 bibit ikan.

"Kami menyambut baik peran pemerintah yang terus mendukung MAN 1 mencapai predikat sebagai sekolah Adiwiyata. Tentu, bantuan ikan yang diberikan sangat bermanfaat bagi kami, terlebih saat ini kami memang fokus mengembangkan budidaya ikan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Atikah mengaku budidaya ikan tersebut merupakan salah satu bentuk unit produksi yang ada di MAN 1. Tujuannya jelas memberikan skill kepada siswa dalam mengembangkan bakat dan potensi mereka dibidang wirausaha.

"Kami berharap melalui program budidaya ikan ini, siswa memiliki suatu keahlian dibidang wirausaha. Sehingga, selepas menyelesaikan pendidikan, siswa bisa mengembangkan potensi dan bakat mereka sebagai seorang wirausaha," tutur Atikah.(fin)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :