Home / Peristiwa / Antusias Peserta Tes SKD CPNS di Siak Tinggi

Antusias Peserta Tes SKD CPNS di Siak Tinggi

Antusias Peserta Tes SKD CPNS di Siak Tinggi
Sulaiman
Antusias masyarakat dari luar untuk mengikuti tes SKD CPNS di Kabupaten Siak cukup tinggi. Tercatat 4.681 orang telah terdaftar untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar tersebut di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II, Siak Sri Indrapura.

Siak, Oketimes.com - Antusias masyarakat dari luar untuk mengikuti tes SKD CPNS di Kabupaten Siak cukup tinggi. Tercatat 4.681 orang telah terdaftar untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar tersebut di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II, Siak Sri Indrapura.

Kepala BKPSDM Siak, melalui Kabid Administrasi Kepegawaian Nofitrizal mengatakan, menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil mungkin merupakan impian sebagian besar generasi muda. Untuk meraihnya, mereka rela melakukan berbagai tantangan, salah satunya ketika harus menempuh perjalanan jauh.

"Menurut data yang kami terima ada peserta yang paling jauh, yaitu dari Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, kemudian dari Medan, Tanjung Balai Karimun, Sumatera Barat dan Provinsi Riau pada umumnya" ujar Nofit, Rabu (30/1/2020) di lokasi tes CPNS.

Setelah ujian SKD ini selesai, kata dia, selanjutnya ada pemberkasan administrasi dan nantinya akan diumumkan peserta yang lulus untuk mengikuti tahapan berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang waktunya masih menunggu informasi dari BKN Pusat.

Kemudian pihaknya akan mengumumkan hasil dari seleksi SKB ini. Untuk peserta yang telah lulus, maka akan diusulkan untuk diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS), dan usulan penerbitan nomor induk pegawainya.

"Jika formasi dari bidang yang dibutuhkan hanya dua orang sementara yang lulus SKB sebanyak 5 orang, maka dilakukan proses seleksi lagi. Sampai hanya ada dua peserta dengan nilai tertinggi" jelasnya.

Nofit juga menyampaikan, Jumlah formasi yg ditetapkan oleh KemenpanRB untuk Kabupaten Siak sebanyak 125 formasi. Terdiri dari tenaga guru 55 formasi, tenaga kesehatan 37 formasi dan tenaga teknis 33 formasi.

Sementara Robiatul (34), salah seorang peserta SKD dari Sabak Auh formasi tenaga teknis,  mengatakan menjadi seorang PNS merupakan impiannya, dan ini sudah kelima kalinya ia mengikuti tes CPNS.

Untuk mewujudkan impiannya tersebut, dirinya menempuh perjalan dengan sepeda motor dari Sabak Auh ke Mempura untuk menjalani rangkaian seleksi tersebut.

Perempuan lulusan Universitas Lancang Kuning 2009 tersebut berharap bisa lulus jadi pegawai negeri sipil. Pasalnya ujian kali ini adalah kesempatan terakhirnya karena ada batasan umur.

"Iya, ini kesempatan terakhir saya, bulan Agustus tahun ini usia saya sudah 35. Mungkin sudah tidak bisa ikut lagi" ucap Robiatul sambil tersenyum.

Ibu dua anak ini sehari-harinya adalah karyawan honorer di kantor Camat Sabak Auh dari tahun 2006. Sementara sang suami bekerja  sebagai honorer di Dinas  PU Tarukim Kabupaten Siak. (man)

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.