Bupati Ingatkan Pengelola BUMDes Agar Tertib Administrasi

Bupati Rokan Hulu H Sukiman saat memberikan arahan dalam MPTB BUMDesa Tebih Mandiri, Desa Pematang Tebih, Ujung Batu, Senin (21/1/2020).

Ujungbatu, Oketimes.com - Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman dalam beberapa pekan terakhir intens melakukan kunjungan ke desa dalam rangka menghadiri Musyawarah Pertanggungjawaban Badan Usaha Milik (MPTB) Desa. Dimana dalam kunjungan itu, dirinya juga melihat masih banyak yang perlu dibenahi terutama dalam pengelolaan administrasi BUMDes.

Menurut orang nomor satu Rohul ini, keberadaan BUMDesa ini memang sangat berperan dalam mendongkrak roda perekonomian masyarakat dengan modal bergulir ke masyarakat. Namun, dalam dana bergulir ke masyarakat, tentunya ada laba yang diperoleh, sebab itu perlu transparansi dalam pelaporannya.

"Saya dalam beberapa pekan terakhir ini, banyak mengunjungi BUMDes. Mendengar laporan pertanggungjawaban, saya menilai masih ada kekurangan dalam pelaporannya. Karena itu, saya minta kepada Direktur BUMDes dan Kepala Desa melakukan evaluasi terhadap manajemen badan usaha desa ini," ujar Bupati.

Apalagi, dana yang dikelola BUMDes berasal dari anggaran pemerintah yang harus dilaporkan apa saja penggunaannya. Dia meminta pengelola harus transparan mengenai dana, tertib administrasi.

"Sebab dana yang dikelola BUMDes adalah uang pemerintah, laporan setiap tahun harus terperinci, sehingga itu bisa diketahui oleh anggota," pinta bupati saat memberikan arahan dalam MPTB BUMDesa Tebih Mandiri, Desa Pematang Tebih, Ujung Batu, Senin (21/1/2020).

Sementara Kepala Desa Pematang Tebih, Selamat menerangkan target unit usaha BUMDesa Tebih Mandiri selama tahun 2019, dimana 2 unit usaha yakni simpan pinjam, dan usaha Saprodi sudah terealisasi. Sedangkan, unit usaha yang tengah dalam proses yakni usaha jual beli gas dan usaha PB pasir, batu (Sirtu).

Untuk meningkatkan SDM BUMDesa, Selamat mendorong para pengelola untuk melakukan studi banding ke badan usaha desa maju.

Pada kegiatan itu, tampak hadir juga Ketua TP PKK Kabupaten, Hj Peni Herawati Sukiman bersama pengurus PKK kecamatan dan desa, segenap kepala dinas, badan dan satuan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Rohul, Camat Ujung Batu, Fisman Hendri SHut dan Forkopimcam, lurah dan kepala desa se Kecamatan Ujung Batu, tokoh masyarakat.***


Reporter    : Faisal
Editor         : Cardova

Tags :berita
Komentar Via Facebook :