Home / Sosial / Disela Rakernas PDIP, Suyatno Perintahkan PUPR dan Perusahaan Lakukan Perbaikan Jalan Lintas Kubu

Disela Rakernas PDIP, Suyatno Perintahkan PUPR dan Perusahaan Lakukan Perbaikan Jalan Lintas Kubu

Disela Rakernas PDIP, Suyatno Perintahkan PUPR dan Perusahaan Lakukan Perbaikan Jalan Lintas Kubu
Jhonari
Foto Inset : Bupati Rokan Hilir H Suyatno disela mengikuti kegiatan Rakornas Partai PDIP di Jakarta, senantiasa mengikuti perkembangan yang terjadi di daerah, termasuk soal infrastruktur perbaikan Jalan Lintas Kubu Kabupaten Rokan Hilir, mulai dari km 0 kecamatan Bangko Pusako, akibat cuaca hujan sejak beberapa hari terakhir yang saat ini tengah diperbaiki instansi terkait, Minggu (12/1/2020).

Rokan Hilir, Oketimes.com - Terkait keluhan warga masyarakat Rokan Hilir, terutama warga Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam, atas kerusakan jalan poros menuju kedua kecamatan tersebut.

Bupati Rokan Hilir H Suyatno disela mengikuti kegiatan Rakornas Partai PDIP di Jakarta, senantiasa mengikuti perkembangan yang terjadi di daerah, seperti masalah infrastruktur, khusus nya jalan lintas kubu kabupaten Rokan Hilir, mulai dari km 0 kecamatan Bangko Pusako, akibat cuaca hujan sejak beberapa hari terakhir.

Suyatno menegaskan kondisi tersebut dipicu akibat tingginya curah hujan beberapa waktu belakangan ini, hingga membuat ruas jalan lintas tersebut, mengalami kerusakan dan menimbulkan dampak sosial lainnya bagi masyarakat. Termasuk soal kelangkaan pasokan bahan kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya.

Dengan demikian, Bupati H Suyatno mengatakan tengah memerintahkan instansi terkait untuk segera menindaklanjuti kondisi tersebut, termasuk melakukan langkah awal meminta bantuan perusahaan yang beroperasi di lokasi, untuk membantu kelancaran transportasi dan menurunkan alat berat di titik yang parah, sembari mengarahkan Dinas terkait untuk mempersiapkan perbaikan awal jalan tersebut.

"Alat berat perusahaan sudah standby di lokasi, untuk membantu kelancaran transportasi, sambil menunggu persiapan yang dilakukan instansi terkait, seperti Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hilir," kata Bupati Rokan Hilir H Suyatno pada awak media ini Minggu (12/1/2020).

Selain itu, Bupati Rohil H Suyatno juga menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat yang sudah melaporkan keluhan tersebut, secara langsung maupun melalui media sosial. Karena, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk kepedulian bersama demi menjaga dan membangun daerahnya kearah yang lebih baik.

"Kecamatan Kubu adalah kecamatan tertua di Rokan Hilir dan bagian kita semua. Saya dengan DPRD yang berasal dari dapilnya itu, tetap berusaha memperjuangkan pembangunan ruas jalan lintas ini dan tahun 2020 ini kegiatan tersebut segera dilaksanakan," ungkap Suyatno.

Suyatono juga mengutarkan bahwa dalam era digital saat ini, semua apa yang dilakukan Pemerintah Daerah dapat terpantau dan di monitor oleh siapa pun.

Salah satu contoh sebut Suyatno, terkait penganggaran pembangunan dan perbaikan jalan yang sudah masuk pada anggaran APBD. Karena, harapan pemerintah pada 2021 mendatang, ruas jalan utama di semua daerah Rokan Hilir tidak akan ada lagi yang rusak.

"Ini adalah prioritas Pemerintah Kabupaten yang sudah berjalan beberapa tahun ini. Anggaran dari Pusat, Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir, akan diselaraskan, sehingga semua titik jalan rusak di kecamatan kecamatan lainnya menjadi perhatian serius oleh pemeritah," ungkap Suyatno lagi.

Sementara itu, Kasubbag Komunikasi Pimpinan Bagian Protokol Setda Rohil Hasnul Yamin SE, menambahkan selama ini banyak isu isu yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu kebenaran informasi yang disampaikan kepada publik lewat media sosial dan lainnya, sehingga menimbulkan stigma negatif dan menyesatkan publik.

"Kami berharap kebijakan dan kearifan semua pihak, serta harus menghargai perjuangan Pemerintah Daerah bersama Wakil Rakyat di DPRD Kabupaten maupun Provinsi yang selama ini terus memperjuangkan demi pembangunan untuk masyarakat Rokan Hilir," ujarnya.

Lantaran itu, lanjut Hasnul Yamin, peran serta dan dukungan kalangan masyarakat, sangat diperlukan saat ini. Sehingga, pembangunan di Rokan Hilir dapat berjalan dengan baik pula. Termasuk rencana adanya pembangunan infrastruktur yang saat ini menjadi prioritas Pemerintah Daerah yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Termasuk, rencana pembangunan Jalan Lintas Ujung Tanjung, Pujud, Kubu, Pesisir Pedamaran serta Sinaboi Dumai, melalui kolaborasi anggaran Pusat, Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir," papar Hasnul Yamin.

Selaras dengan itu, Kepala Dinas PUPR Jon Syafrindow, mengungkapkan bahwa saat ini alat berat seperti motor grader, roller pemadat jalan dan dump truk pengangkut materil perbaikan jalan sudah dikerahkan di lokasi perbaikan jalan tersebut.

"Kami sudah standby dan sudah bekerja saat ini, meski sempat pekerjaan perbaikan jalan ini terhambat bahan material yang kebetulan stok materialnya di Rohil lagi kosong dan harus diambil dari luar kota. Beruntung bahan material cepat sampai dan perbaikan jalan sudah kami laksanakan pada hari ini (Minggu, 12/1/2020)," pungkas Syafrindow meyakinkan.***

 

Reporter   : Jhonari
Editor        : Cardova 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.