Pintu Air Waduk PLTA Kota Panjang Kembali Diperlebar

Waduk PLTA Koto Panjang Kabupaten Kampar, Riau.

Pekanbaru, Oketimes.com - Meski sempat dibuka pintu pelimpah atau Spillway gate PLTA Koto Panjang pada Senin (9/12/2019) sore, Manajemen Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang, kembali menambah pembukaan jumlah pintu dan ketinggian bukaan pintu pelimpah waduk pada Selasa (10/12/2019) pagi dan sore.

Demikian pengumuman dari Plt Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar yang disampaikan kepada Humas PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR), Fendi Nusantoro kepada awak media di Pekanbaru, Selasa pagi.

Ia mengatakan, bahwa mekanisme pembukaan pintu pelimpah waduk PLTA Koto Panjang, akan dilakukan dalam dua tahap.

Pertama akan dibuka pada pukul 10.00 WIB, dengan penambahan ada dua pintu waduk lagi yang akan dibuka. Karena, sebelumnya telah dibuka tiga pintu waduk dengan ketinggian 30 cm.

"Pukul 10.00 Wib pagi ada penambahan dua pintu waduk yang akan dibuka setinggi 60 cm. Sehingga totalnya menjadi ada lima pintu waduk yang akan sama-sama dibuka setinggi 60 cm. Dengan demikian kenaikan permukaan air di Sungai Kampar diperkirakan menjadi 60-80 cm sesuai dengan kenaikan dari kondisi terakhir," terang Fendi.

Kemudian tahap kedua lanjut Fendi, pada pukul 15.00 WIB, ketinggian lima pintu waduk yang dibuka ditambah menjadi setinggi 80 cm.

"Jadi total bukaan pintu pelimpah sore menjadi lima pintu dengan ketinggian 80 cm. Diperkirakan kenaikan permukaan air di Sungai Kampar akan naik menjadi 30-50 cm," pungkas Fendi Nusantoro.***


Reporter    : Richade
Editor         : Cardova


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait