Home / Peristiwa / Lagi Akses Jalan Riau-Sumbar Lumpuh, Tiga Mobil Tertimbun Longsor

Lagi Akses Jalan Riau-Sumbar Lumpuh, Tiga Mobil Tertimbun Longsor

Lagi Akses Jalan Riau-Sumbar Lumpuh, Tiga Mobil Tertimbun Longsor
Ist
Personel Satlantas tengah meninjau lokasi tanah longsor akses jalan Riau-Sumbar di Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada subuh, Selasa (10/12/19).

Pekanbaru, Oketimes.com - Akses jalan Riau-Sumbar lumpuh akibat longsor di Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada subuh, Selasa (10/12/19).

Akibatnya, tiga mobil terseret timbunan longsor, sehingga terguling dan menutupi akses jalur utama antar provinsi bertetangga tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Dadang Eko Purwanto, menyatakan siap membantu mengatasi timbunan material longsor yang menutupi badan jalan nasional Riau-Sumbar tersebut, jika dibutuhkan.

"Kami siap membantu dan berkoordinasi jika dibutuhkan. Apa lagikan longsor itu tak jauh dari perbatasan Riau," kata Dadang, selasa siang di Pekanbaru.

Menurut Dadang, satu alat berat kini sudah disiagakan di UPT Dinas PUPR, di Rantau Berangin, Kampar. Jika memang hasil koorsinasi Sumbar membutuhkan, alat berat akan segera dikirim membantu mengatasi longsor yang terjadi di Koto Alam, Pangkalan tersebut.

"Alat berat sudah kami siagakan di Rantau Berangin. Kita punya UPT di sana (Kampar). Kalau akan berkoordinasi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN). Jika  dibutuhkan, kita langsung kirim," ungkap Dadang.

Selain itu, Dinas PUPR juga sudah menyiagakan alat berat di dua UPT lainnya. Yakni di UPT Dinas PUPR Dumai dan Rengat. Fungsinya sama, guna mengantisipasi terjadinya longsor atau terjadinya bencana lainnya di sekitaran wilayah UPT, dengan cepat.

"Setiap UPT kita stanbykan satu alat berat. Di UPT Bangkinang, Rengat dan Dumai. Jadi kalau ada longsor, alat berat bisa cepat bekerja," papar Dadang.

Lebih lanjut, Dadang menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa berhati-hati melalui jalan-jalan yang rawan terjadinya longsor. Dinas PUPR sendiri bersama instansi terkait terus bersiaga, jika sewaktu-waktu terjadi bencana seperti longsor.***


Reporter   : Richarde
Editor        : Cardova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.