Home / Kesehatan / Kelompok Asuhan Mandiri LC Rumbia 1 Kepenghuluan Balam Sempurna Juara Satu

Kategori Pedesaan

Kelompok Asuhan Mandiri LC Rumbia 1 Kepenghuluan Balam Sempurna Juara Satu

Kelompok Asuhan Mandiri LC Rumbia 1 Kepenghuluan Balam Sempurna Juara Satu
Humas Pemkab Rokan Hilir For oketimes.com
Direktur Jenderal Yankes Kemenkes RI dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS, didampingi oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes RI, Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A (K), M.Kes, MH.Kes dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM, memberikan Piagam juara 1 kepada Rini Kader Toga dan Akupresur di Jakarta Rabu 6 November 2019.

Rokan Hilir, Oketimes.com - Kelompok asuhan mandiri LC Rumbia 1 Kepenghuluan Balam Sempurna Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, dibawah Binaan Puskesmas Balai Jaya berhasil mendapat predikat juara 1 nasional dalam lomba Toga dan Akupresur katagori kawasan Desa.

"Syukurlah Desa Balam Sempurna dibawah binaan puskesmas balai jaya, kami juara 1  yang diumumkan di Jakarta pada tanggal 6 November 2019," kata Kepala Puskesmas Balai Jaya, H Dedi Minggu pada awak media ini Minggu (10/11/2019) malam.

Acara tersebut kata Dedi, dihadiri oleh Ketua Kader Toga ibu Rini didampingi staf Puskesmas Balai Jaya Diana Delima. "Ini merupakan amanah dan prestasi yang membanggakan bagi kabupaten rohil dan insyallah akan kita pertahankan dan kita tingkatkan," ucap Dedi.

Apalagi kata mantan Kepala Puskesmas Tanah Putih Tanjung Melawan itu, nantinya kelompok asuhan mandiri ini akan menjadi pusat kaji banding di indonesia.

Selain itu, diharapkan toga dan akupresur ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terutama bagi masyarakat Balam sempurna dan masyarakat Balai Jaya pada umumnya dengan produk unggulan kapsul daun kelor dan minyak serai.

"Mudah-mudahan di tahun 2020 Puskesmas Balai Jaya akan membina 2 Kepenghuluan, yaitu Kencana dan Bagan Bhakti serta dalam kurun waktu 3 smpi 5 tahun kedepan seluruh Kepenghuluan dan Kelurahan di Kecamatan Balai Jaya akan mendapatkan pembinaan toga dan akupresur," papar Dedi.

Mengutip pernyataan Kabid Yankes Provinsi Riau dr Yohanes, bahwa lomba tersebut imbuh Dedi, merupakan sebuah kolaborasi  yang sangat hebat. Karena penilaiannya dimulai dari  Gubernur dan Wakil Gubernur, Kadinkes Provinsi, Bupati Rokan Hilir, Kadinkes Rohil, Camat, Kapus, Pemegang program Kestrad, Datuk Penghulu, PKK serta Kader Toga, karena tidak ada lomba yang penilaiannya melibatkan banyak posisi seperti ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau, Bupati Rokan Hilir, ibu Kadiskes Provinsi riau beserta jajarannya, Ibu Kadiskes Kabuapeten  Rohil beserta jajarannya, bapak camat Balai Jaya, Datuk Penghulu, pihak perusahaan PT Ivomas Salim Group yang telah memberikan kontribusi besar kepad Toga dan Akupresur ini, kader toga dan masyarakat Balai Jaya pada umumnya dan predikat juara nasional ini kami dedikasikan kepada seluruh puskesmas se riau," pungkas Dedi.***


 
Reporter    : Jhonari
Editor         : Cardova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.