Home / Hukrim / Acara Kenal Pamit Kapolda Riau Sederhana, Tapi Menyimpan Makna

Acara Kenal Pamit Kapolda Riau Sederhana, Tapi Menyimpan Makna

Acara Kenal Pamit Kapolda Riau Sederhana, Tapi Menyimpan Makna
Istimewa
Serangkaian acara malam kenal pamit Kapolda Riau antara Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo MM, dengan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.I.K, SH, MSi pada Kamis 3 Oktober 2019 di ruang Serindit Gedung Daerah Riau, Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Acara malam kenal pamit Kapolda Riau antara Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo MM, dengan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.I.K, SH, MSi pada Kamis 3 Oktober 2019 di ruang Serindit Gedung Daerah Riau, Pekanbaru, berlangsung sederhana, tapi mampu memukau para hadirin saat itu.

Acara tersebut, dihadiri langsung oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Wagubri Edi Afrizal Natar Nasution, Kajati Riau Uung Abdul Syakur, Ketua Pengadilan Tinggi Riau yang diwakili oleh Dr. Erwin Mangatas Malau, S.H, M.H, Danrem Wirabima 031 Brigjen TNI M Fadjar, Kabinda Riau, Danlanud RSN Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, Danlanal Dumai Letkol Laut (P) Wahyu Dili Yudha Hadianto.

Selanjutnya, juga hadir Pjs Sekdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie, para Pejabat Tinggi Pratama Pemprov riau, Bupati dan Walikota atau yang mewakili, tokoh masyarakat, agama, adat dan tamu undangan lainnya.

Sedangkan dari Kepolisian, selain Kapolda Riau, hadir juga Wakapolda Brigjen Pol Wahyu Widada, para Pejabat Utama, Kapolres/ta, pengurus Bhayangkari dan para personil jajaran Polda Riau.

Di awali dengan penyampaian sepatah dua kata pamitan dari Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo bersama istri Ny Fabiola Widdodo, mantan Kapolda Riau itu, mengatakan dirinya selama mengemban tugas selama 13 bulan di riau, cukup banyak kisah-kisah yang mengesankan selama bertugas di tanah melayu riau.

Salah satunya, upaya dalam menciptakan keamanan dan Pemilihan Legislatif dan Presiden atau Pemilu 2019. Dimana dirinya bersama jajaran dan dukungan dari stakeholder yang ada di Riau, tengah berupaya memberikan rasa keaman kepada masyarakat riau selama itu.

"Dukungan tersebut juga tidak terlepas berkat sinergitas antara TNI-POLRI yang bersatu padu menciptakan Pemilu Damai dan sejuk kepada masyarakat saat Pemilu berlangsung hingga tuntas," ujar Widodo.

Bersamaan dengan itu lanjut Widodo, banyak juga tugas pokok peting lainnya, seperti upaya untuk menghentikan peredaran Narkoba, Penyelundupan Baby Lobster, Penjualan Satwa yang dilindungi serta upaya pencegahan Karhutla dan upaya Penegakan Hukum terhadap para pelaku Karhutla serta perbuatan yang melawan hukum lainnya di Riau.

"Meski demikian, saya merasa cukup puas dalam memberikan pengabdian yang luar biasa kepada masyarakat riau selama ini. Itu semua saya lakukan berkat kerja sama dan dukungan oleh stakeholder yang sudah kita bina selama," ulas suami Ny Fabiola Widodo itu kepada hadirin yang datang dalam acara tersebut.

Sebagai kata penutup, mantan Wakapolda Jawa Timur itu, juga mengucapkan terima kasih kepada stakeholder dan masyarakat riau pada umumnya, yang sudah memberikan perhatian serius selama ini kepadanya.

"Jika ada tutur kata atau sikap yang kurang berkenan selama ini, melalui permohonan ini, saya beserta istri mohon dimaafkan," pungkas Widodo mengucapkan salam pamitnya kepada hadirin yang hadir pada malam itu.

Selepas itu, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.I.K, S.H, M.H, beserta istri Ny. Ernitri Susilawati, didampingi ketiga putranya, turut menyampaikan sepatah dua kata untuk memperkenalkan diri kepada hadirin yang hadir pada malam itu.

Ucapan salam kenal itu, diawali oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, dengan menyatakan kehadiranya di tanah melayu riau saat ini, tidak lain hanyalah menjalankan amanah yang diberikan pimpinan, guna mengayomi dan memberikan rasa keamanan bagi masyarakat riau, dengan tetap mengedepankan kultur, adat dan budaya riau yang santun dan cinta damai.

"Karakteristik seperti ini, saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat riau, terutama kepada tokoh masyarakat dan pak Gubernur Riau Syamsuar, yang sudah mau menerima kami di tanah melayu untuk mengayomi dan memberikan rasa keamanan kepada masyarakat dalam mengisi pembangunan yang lebih baik lagi nantinya," tutur Kapolda Riau.

Selaras dengan itu, mantan Direktur Tipideksus Mabes Polri ini, berharap kepada tokoh masyarakat, adat, agama dan stakeholder untuk ikut mendukung secara bersama-sama, memilihara dan menjaga keamanan di tanah melayu riau itu.

"Saya tadi sudah ditepung tawari oleh pak Gubernur Riau Syamsuar yang dihadiri tokoh adat, agama serta tokoh masyarakat saat acara tradisi farewell dan wellcome parade tadi pagi, sehingga saya bersama istri dan ketiga putra saya, sudah resmi menjadi warga riau dan tidak asing lagi bagi masyarakat riau. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat riau secara khususnya," pungkas Kapolda Riau.

Usai Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan keluarga menyampaikan sepatah dua kata untuk memperkenalkan diri. Gubernur Riau H Syamsuar, terlebih dahulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastop0 beserta istri yang sudah mengabdikan diri di riau selama 1 tahun 1 bulan sembilan hari di riau dalam menjalankan tugas sebagai Kapolda Riau.

Gubri juga menyebutkan, semenjak Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo bertugas di riau, banyak kesan dan pesan yang sudah dialami bersama-sama Forkopimda, dalam menjaga kondusiftas masyarakat selama ini. Hal tersebut terlihat dari kinerja kepolisian daerah dan jajaran, dalam menjaga kamtibmas saat Pemilu April 2019 lalu.

"Itu membuktikan loyalitas amanah yang diberikan berlangsung dengan baik. Artinya tugas yang diemban tersebut, tidaklah mudah dan penuh tanggung jawab yang luar biasa. Olah karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada pak Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo dan istri yang sudah bersedia menemani selama bertugas di riau," tutur Gubri.

Syamsuar juga mengucapkan selamat menempati tugas baru kepada Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo di Mabes Polri sebagai Pati Baintelkam penugasan di BIN. "Semoga bapak dan istri diberikan kesehatan dan tetap sukses bertugas di tempat yang baru," tutur Gubri.

Tak sampai disitu, Gubri juga menyampaikan selamat datang dan sukses kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.I.K, SH, MSi dan keluarga yang tengah berada di bumi lancang kuning untuk melaksanakan tugas di tanah melayu sebagai Kapolda Riau.

"Semoga dengan kehadiran bapak Kapolda Riau yang baru dan keluarga, bisa melanjutkan tugas yang sudah dijalin selama ini dengan sebelumnya. Demi tercapainya keamanan masyarakat demi mengangkat marwah riau dan kecintaan masyarakat terhadap NKRI," pungkas gubri.

Pantauan, usai Gubri menyampaikan sepatah dua kata dalam acara tersebut, Gubri Syamsuar menyempatkan diri bersalaman dan berfoto bersama Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo dan istri, sekaligus menyerahkan cindera mata berupa lukisan sebagai kenang-kenangan kepada mantan Kapolda Riau itu, saat melakukan kunjungan kerja bersama Gubri dan Forkopimda Riau.

Kemudian kegiatan foto bersama dan pemberian cindera mata juga dilakukan sebagian yang hadir pada malam itu, termasuk para dari Kapolres/ta, Pengurus Bhayangkari personil jajaran Polda Riau, serta para Bupati dan tamu lainnya ikut berfoto bersama dengan Irjen Pol Widodo Prihastopo dan istri pada malam.

Sementara kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan istri, para tamu undangan serta Pejabat Utama, Kapolres/ta, Pengurus Bhayangkari, Personil jajaran Polda Riau turut memberikan ucapan selamat dan foto bersama dengan lulusan Akpol 1988 itu.

Selama kegiatan tersebut dimulai sejak pukul 19.00 WIB, kegiata berjalan lancar, tertib dan kondusif hingga selesai pukul 22.00 WIB malam.***


Penulis   : Ndanres Area
Editor     : Van Hallen           
                      

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.