Akibat Kabut Asap, Penderita ISPA Meningkat di Riau

PEKANBARU, oketimes.com- Pasca Kabut asap kiriman dari provinsi tetangga akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Riau meningkat 48 penderita yang semulanyanya hanya 2206 penderita  menjadi 2254 penderita ISPA di Riau hingga tanggal 25 September. Selain itu, 96 orang terserang asma, 64 orang menderita pneumonia, 136 orang iritasi kulit dan 191 orang iritasi mata.

Data tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P4L) Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Andra S mengatakan, sebanyak 2254 penderita ISPA tersebut. menurut Andra, tersebar di tujuh kabupaten/kota di Riau, yakni Kuantan Singingi (Kuansing), Pelalawan, Pekanbaru, Rokan Hulu (Rohul), Indragiri Hulu (Inhu), Kampar dan Siak.

"Untuk rincian data per kabupaten/kota saya lupa," katanya, kamis (25/9).

Hingga kemarin sejumlah kabupaten/kota di Riau masih dilanda kabut asap. Di Pekanbaru misalnya, kabut asap cukup pekat masih terlihat sejak pagi, namun pada sore sedikit menipis karena di sejumlah wilayah diguyur hujan gerimis.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau menyatakan kabut asap kali ini merupakan kiriman dari provinsi tetangga yang mengalami Karhutla cukup parah. Di Riau sendiri, Pemprov mengakui masih terjadi Karhutla, namun tak separah awal tahun 2014.(dea)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :