Tingkatkan Kerja Sama Maritim, Bakamla RI/IDNCG Undang Instansi Terkait

Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) dalam memperkuat sinergitas antar instansi pemerintah Indonesia di bidang keamanan dan keselamatan maritim, Bakamla RI menggelar Rapat Kerja Teknis Kerja Sama Dalam Negeri (Rakernis KSDN), di Aula Markas Besar Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2019).

Jakarta, Oketimes.com - Sebagai salah satu bentuk komitmen Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) dalam memperkuat sinergitas antar instansi pemerintah Indonesia di bidang keamanan dan keselamatan maritim, Bakamla RI menggelar Rapat Kerja Teknis Kerja Sama Dalam Negeri (Rakernis KSDN), di Aula Markas Besar Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2019).

Rakernis KSDN kali ini mengambil tema 'Mempererat Sinergitas antar Instansi/Lembaga Dalam Negeri untuk Mewujudkan Keamanan dan Keselamatan Laut Indonesia'. Fokus pelaksanaan kegiatan, adalah mewadahi pengumpulan dana dan informasi, permasalahan, kendala, maupun kebutuhan pelaksanaan kerja sama dengan instansi lainnya.

Tidak tanggung-tanggung, kegiatan ini dihadiri sedikitnya 150 orang perwakilan instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan praktisi swasta.

Dalam sambutan pembukaannya, Sestama Bakamla RI/IDNCG Laksda Bakamla S. Irawan, M.M. menekankan agar sekiranya pertemuan ini dapat menghasilkan output yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

"Jika kita lihat konstelasi Indonesia sebagai negara maritim, sudah jelas sebagaimana perkataan Presiden Joko Widodo saat pertama kali dilantik. Kita tidak boleh lagi memunggungi laut", ujar Laksda Irawan.

Seluruh masyarakat Indonesia harus sadar bahwa Indonesia adalah negara maritim, kesadaran ini juga termasuk kepada seluruh instansi yang ada di negeri ini.

Untuk meningkatkan produktifitas Rakernis, pembahasan yang dilakukan terbagi ke dalam tiga cluster sebagai berikut: Cluster pertama, mengenai Bidang Sistem Peringatan Dini, cluster kedua mengenai Bidang Operasi dan Penegakan Hukum; dan cluster ketiga mengenai Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Masyarakat, dan Sarana Prasarana.

Hasil dari pembahasan tiap cluster, akan mendukung hasil Rakernis KSDN ini secara keseluruhan, yang salah satunya adalah mendukung Agenda Kerja Sama Bakamla RI di tahun 2020.

Inventaris dari permasalahan yang disampaikan, diharapkan dapat segera mendapatkan solusi terbaik, dan diimplementasi dengan tepat.

"Marilah kita bersama-sama merumuskan kebijakan laut sesuai dengan amanah Undang-Undang, bukan demi Bakamla RI ataupun perorangan, tapi untuk Indonesia, negara yang kita cintai', ujar Laksda Irawan mengakhiri sambutannya.***


Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI Letkol Bakamla Mardiono.


Tags :berita
Komentar Via Facebook :