Home / Hukrim / Update Gakkum Karhutla, Polda Riau Tangani 31 Kasus Hingga Kini

Update Gakkum Karhutla, Polda Riau Tangani 31 Kasus Hingga Kini

Update Gakkum Karhutla, Polda Riau Tangani 31 Kasus Hingga Kini
Istimewa
ILustrasi

Pekanbaru, oketimes.com - Terhitung sejak Januari hingga pertengahan Agustus 2019, Kepolisian Daerah (Polda) Riau dan Jajaran, mendata ada sekitar 31 kasus Penegakan Hukum Karhutla di Riau yang sedang ditangani mereka hingga kini.

"Dari 31 kasus Karhutla yang ditangani tersebut, didalamnya ada sekitar 30 dari perorangan dan satu kasus Karhutla dari pihak Korporasi atau perusahaan, dengan jumlah luas total kebakaran lahan mencapai 373.155 hektar tersebar di Riau," kata Kabid Humas Polda Riau KBP Sunarto dalam keterangan tertulisnya kepada oketimes.com Rabu (14/08/19) di Pekanbaru.

Dipaparkan Sunarto, ke-31 kasus Karhutla tersebut, satu kasus tengah ditangani oleh Ditreskrimsus Polda Riau yang masuk dalam penyidikan terhadap PT SSS dengan luas lahan terbakar 150 HA.

Kemudian 1 kasus milik perorangan yang kini ditangani Polres Indragiri Hilir (inhil) yang kini sudah memasuki tahap pelimpahan (tahap II), dengan luas lahan terbakar 40 HA.

Selanjutnya, 3 kasus ditangani oleh Polres Indragri Hulu (Inhu) yang kini 2 kasus sudah memasuki tahap penyidikan dan 1 tahap I, dengan luas lahan terbakar 5 HA, 2 (dua) kasus ditangani oleh Polres Pelalawan yang kini masih tahap penyidikan dengan luas lahan terbakar 35.9 HA dan 3 (tiga) kasus ditangani oleh Polres Rokan hilir (rohil) yang kini sudah masuk tahap II, dengan luas lahan terbakar 7.05 HA.

Lanjut Sunarto lagi, 5 (lima) kasus karhutla ditangani oleh Polres Bengkalis yang kini 2 kasus sudah tahap penyidikan dan 3 tahap II, dengan luas lahan terbakar 110.75 HA dan 2 (dua) kasus ditangani oleh Polres Siak yang kini masih tahap penyidikan, dengan luas lahan terbakar 3.5 HA.

Selanjutnya, 5 (lima) kasus ditangani Polres Dumai yang kini 1 kasus, masuk tahap penyidikan dan 4 masuk tahap II, dengan luas lahan terbakar 12.5 HA, 2 (dua) kasus ditangani oleh Polres Kepulauan Meranti yang sudah masuk tahap II dengan luas lahan terbakar 3, 2 HA dan 1 Kasus ditangani Polres Kampar yang kini masih tahap penyidikan, dengan luas lahan terbakar 2 HA.

Kemudian lanjut Sunarto, 3 kasus tengah ditangani Polres Kuansing yang kini masih tahap penyidikan dengan luas lahan terbakar 2 HA dan 3 kasus di tangani Polres Pekanbaru dengan rincian 2 tahap penyidikan dan 1 sudah P.21, dengan luas lahan terbakar 1, 25 HA.

Diterangkan Sunarto, pihaknya saat ini masih terus melakukan Pemantauan dan Upaya pencegahan Karhutla di Riau, dengan melibatkan personil Polresta/Polres di wilayahnya masing-masing, untuk fokus melakukan pencegahan dan Penindakan hukum terhadap para pelaku Karhuta di Riau.

"Hingga kini, kita masih fokus melakukan upaya pencegahan dan penegakan hukum terhadap para pelaku Karhutla itu. Sebab hal itu sudah atensi pimpinan," pungkas Sunarto meyakinkan.***

 

Reporter   : Richarde
Editor       : Ndanres Area     

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.