Dispar Riau Buka Budar Tahun 2019, Lima Puluh Finalis dari Kabupaten Kota Ikuti Audisi

Para peserta audisi Bujang Dara (Budar) Riau tahun 2019, berfose bersama saat mengikuti kegiatan yang dimulai sejak tanggal 3 hingga 9 Agustus 2019 dan diikuti 50 pasang finalis dari 12 pasang finalis jalur Kabupaten/Kota lewat jalur umum.

Pekanbaru, oketimes.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, gelar audisi Bujang Dara (Budar) Riau tahun 2019. Kegiatan dimulai sejak tanggal 3 hingga 9 Agustus 2019 dan diikuti 50 pasang finalis dari 12 pasang finalis jalur Kabupaten/Kota lewat jalur umum.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Fahmi Usman mengatakan, audisi Bujang Dara Riau ini merupakan ivent yang digelar setiap tahun. Bertujuan untuk mencari duta pariwisata yang bertugas membantu mempromosikan pariwisata daerah.

"Sama seperti tahun sebelumnya, jumlah finalis Budar Riau 2019 sebanyak 50 finalis. Tahun 2019 ini, 12 pasang peserta merupakan hasil dari audisi pemilihan Bujang Dara di tingkat Kabupaten/Kota dan 13 pasang peserta lagi melalui jalur audisi umum," kata Kadispar Riau, Fahmi Usman pada awak media usai membuka acara tersebut di Pekanbaru, Rabu (7/8/2019).

Dijelaskan Fahmi, seluruh finalis sedang mengikuti pembinaan selama di 9 hari, dengan menghadirkan narasumber berkompeten dan berharap kegiatan tersebut mendapat dukungan lapisan masyarakat Riau, sehingga kegiatan ini berjalan sukses serta bisa melahirkan duta Pariwisata Riau 2019 yang handal.

Selain itu, Dispar Riau juga memberikan berbagai materi kegiatan pembinaan kepada para finalis, seperti materi Kepariwisataan dari Staff Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Don Kardono, materi Muatan Lokal Budaya Melayu Riau oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau, Al Azhar dan pembentukan disipilin oleh instruktur dari SPN (Sekolah Polisi Negara).

Kemudian lanjut mantan Karo Humas Setdaprov Riau itu, juga mengatakan Tausiah dengan ustaz Syamsurizal, pembekalan kiat-kiat promosi pariwisata oleh Sekjen DPP Himpunan Pariwisata Indonesia, materi etika kepribadian oleh psikolog Yanwar Arief dan Public Speaker menghadirkan narasumber Dr Rizaldi, materi UKM dan Kuliner, Modeling, kelas berbahasa Inggris, kelas kecantikan dan tahap wawancara.

Begitu juga 50 Finalis Budar juga akan melakukan kunjungan ke Lembaga Adat Melayu Riau, Dewan Kerajinan Daerah Riau, RSUD Arifin Achmad, RS Awal Bross, Panti Jompo dan destinasi wisata di Kabupaten Siak.

Terpisah, Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Datuk Syahril Abu Bakar, menilai kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang postif. Apalagi kegiatan diikuti oleh anak-anak muda generasi milineal yang berprestasi yang masing-masing bisa mengaktualisasikan dirinya dan juga bisa sekaligus mendalami adat budaya dan meteri-materi lainya yang diberikan oleh pihak Dispar.

"Riau memiliki berbagai ivent internasional, seperti Bakar Tongkang, Festival Candi Muara Takus, Pacu Jalur dan kegiatan-kegiatan lainya yang perlu di promosikan. Semoga para duta pariwisata Riau 2019 ini dapat memberikan dapat memberikan informasi pariwisata kepada publik," pungkasnya seusai memberikan pembekalan kepada 50 finalis Budar Riau 2019.

Sebagaimana diketahui, malam puncak grand Final Bujang Dara Riau, akan digelar pada tanggal 9 Agustus 2019 malam pukul 20.00 WIB di Hotel Pangeran Pekanbaru, Menaja tema "Bumi Sungai Jantan" menghadirkan artis ibukota Naga (Lyla Band), Mickey AFI, dan Tasya.***


Reporter  : Richarde
Editor      : Cardova   


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait