Para Pelamar CPNS 2014 Wajib KTP Siak

Kepala BKD Siak H.Lukman S.Sos.M.Pd

SIAK, oketimescom- Seperti di daerah lainnya di Riau, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Tahun 2014 kabupaten Siak wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Siak. Hal ini bertujuan untuk mengakomodir putra-putri Siak yang ingin menjadi abdi negara sebagai pegawai. sehingga secara tidak langsung akan mengurangi angka pengangguran di daerah Siak.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Siak H.Lukman S.Sos.M.Pd kepada wartawan Rabu (24/09). Menurutnya, para pelamar CPNS ini wajib memiliki KTP setempat ini sesuai usulan yang diakomodir Pemerintah Pusat setelah menerima masukkan dari Sejumlah kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Diungkapkan Lukman, kalau kita mengacu kepada penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya yang tidak mewajibkan KTP Siak, ternyata dari total yang diterima, hanya 60 persen warga Siak. Persoalan muncul setelah empat tahun mengabdi, PNS dari luar Siak itu mengajukan surat pindah ke Daerah asalnya masing-masing atau ke Kota Propinsi.

Lanjut lukman, berdasarkan dilema yang kami hadapi setiap harinya di kantor BKD Siak, bahwa hampir setiap bulan ada sekitar 10 PNS yang mau pindah ke luar daerah. "Bagaimana kita bisa izinkan, jumlah PNS kita saja masih kurang. Belum lagi ada jumlah PNS yang setiap tahun memasuki pensiun mencapai 80 orang," ujarnya.

Untuk tahun ini, lanjut Lukman, dari 2001 formasi yang diusulkan, hanya 127 formasi diakomodir oleh BKN. Kondisi ini sebenarnya masih jauh dari kebutuhan yang kita perlukan, akan tetapi karena hal ini sudah keputusan BKN, kita tidak bisa menolaknya.

"Oleh sebab itu kita berharap, CPNS yang memiliki KTP Siak ini akan tetap mengabdi sampai masa pensiunnya nanti di Siak, tak ada lagi rencana pindah kerja. Peluang putra-putri Siak juga besar untuk jadi CPNS, kecuali ada formasi khusus seperti dokter spesialis dan lainnya," jelas Lukman.

Lebih lanjut Lukman mengingatkan kepada pelamar CPNS agar tidak percaya dengan jasa calo yang katanya bisa meluluskan. Apalagi dengan sistem pendaftaran secara online, maka mustahil ada oknum yang bisa meloloskan seseorang diterima sebagai CPNS.

"Belakangan ini nama saya juga sering dibincangkan oknum tak bertanggungjawab yang katanya bisa meloloskan seleksi CPNS tahun ini. Kalau ada yang bilang seperti itu, jangan mudah terpancing dan mudah percaya, jika perlu catat namanya, dan langsung laporkan kepada kita," pungkas Lukman.(man)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait