JCH Kampar Sukses Laksanakan Ziarah Diempat Tempat

BANGKINANG, oketimes.com- Seluruh Jama`ah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kampar yang tergabung dalam kloter 9 dan 10 embarkasi Batam, bergembira ketika telah berada di Kota Mekkah Al-Mukarromah. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar, H Fairus didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Dirhamsyah saat ditemui riaueditor.com, Selasa (23/09) di ruang kerjanya.
 
Informasi ini didapat melalui via telpon dari tim pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kampar H Damirus SAg didampingi Ketua Kloter 9 H Maswir Mag, Selasa 923/9) siang.
 
Fairus mengatakan, seluruh JCH Kampar yang tergabung dalam kloter 9 ini berjumlah 443 orang berangkat dari Kota Madinah menuju Kota Mekkah pada hari kamis tanggal 18 september 2014 yang lalu. Sedangkan JCH Kampar yang tergabung dalam kloter 10, bergabung dengan JCH Pekanbaru, Kepulauan Meranti dan Rokan Hilir, berjumlah 99 orang berangkat dari kota Madinah menuju kota Mekkah pada hari Jum`at tanggal 19 september 2014 yang lalu.
 
Lebih lanjut Fairus mengatakan, seluruh JCH Kampar telah sukses melaksanakan Ibadah Umrah dan saat ini para JCH melaksanakan ziarah-ziarah di seputar kota Mekkah, dan Alhamdulillah telah selesai melaksanakan ziarah di empat tempat yakni Gua Hira, Gua Shur, Jabar Rahmah dan kuburan Ma`la.
 
Untuk diketahui, Ma`la merupakan komplek pemakaman istimewa karena menjadi tempat peristirahatan terakhir istri Nabi Muhammad SAW, bernama Siti Khadijah dan letaknya yang menghadap kiblat ke arah Masjidilharam. Komplek pemakaman Ma`la terletak di sebelah timur Masjidilharam, berjarak sekitar setengah kilometer dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 15 menit.
 
Sejak zaman dahulu Ma`la memang sudah menjadi tempat pemakaman nenek moyang Nabi Muhammad dari bani Hasyim. Di sinilah dimakamkan orang-orang yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW. Selain istri tercinta Rasulullah Siti Khadijah, dimakamkan juga putra beliau Qasim bin Muhammad, paman beliau Abu Thalib, kakek beliau Abdul Muthalib. Juga dimakamkan di Ma`la beberapa sahabat Nabi Muhammad SAW antara lain Abdullah bin Umar, Abdullah bin Zubair, Yasir bin Amr, Asma` binti Abu Bakar, dan Abdullah bin Amr bin Ash. Mereka adalah termasuk para perawi yang namanya banyak tercantum dalam kitab-kitab hadits. Di samping itu banyak pula jamaah haji yang meninggal di Mekah dimakamkan di tempat ini.Dalam melaksanakan ziarah ini, seluruh JCH sangat bersemangat dan bersuka cita.
 
Ketika ditanya soal penginapan atau tempat maktab, Fairus menjawab, untuk JCH Kloter 9 pada musim haji tahun ini berada di wilayah Jarwal dengan nomor maktab 43. Sedangkan untuk JCH kloter 10 berada diwilayah misfalah dengan nomor maktab 64, tutupnya. (sy)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait