Home / Internasional / Kepala Bakamla Kunjungi USCG Training Center Yorktown

Kepala Bakamla Kunjungi USCG Training Center Yorktown

Kepala Bakamla Kunjungi USCG Training Center Yorktown
Humas Bakamla RI For Oketimes.com
perkuat kerja sama antara Bakamla dengan United States Coast Guard (USCG), Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R. memimpin Delegasi Bakamla dalam kunjungan ke Amerika Serikat. Mengawali rangkaian kegiatan, Delegasi Bakamla berkunjung ke USCG Training Center di Yorktown, Virginia, Selasa (9/7/2019).

Virginia AS, oketimes.com — Dalam rangka memperkuat kerja sama antara Bakamla dengan United States Coast Guard (USCG), Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R. memimpin Delegasi Bakamla dalam kunjungan ke Amerika Serikat. Mengawali rangkaian kegiatan, Delegasi Bakamla berkunjung ke USCG Training Center di Yorktown, Virginia, Selasa (9/7/2019).

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan wawasan kepada Bakamla terhadap pengelolaan pusat pelatihan yang dijalankan oleh USCG. Hal ini berguna pula untuk dijadikan acuan dalam pembangunan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Bakamla di masa mendatang.

Delegasi Bakamla diterima oleh Kepala USCG Training Center Yorktown, Capt. Jonathan Hammond beserta jajaran perwira USCG lainnya. Pada pertemuan tersebut, Delegasi Bakamla mendapatkan penjelasan mengenai program-program pelatihan yang dilaksanakan di pusat pelatihan ini.

Lebih lanjut, Laksdya Taufiq beserta jajarannya juga melakukan diskusi mendalam terkait rencana pelatihan yang akan dilaksanakan oleh Bakamla. Laksdya Taufiq menyampaikan bahwa pelatihan yang diselenggarakan bersama USCG merupakan ajang menimba pengetahuan dan pengalaman dalam waktu yang bersamaan.

Sebagaimana tujuan dari Workplan antara Bakamla dengan USCG yang ditandatangani Tahun 2017, melalui pelatihan yang diberikan oleh USCG diharapkan Bakamla dapat mengemban fungsi tugas sebagai coast guard yang profesional. Hal ini dilakukan untuk menjaga perairan dan yurisdiksi Indonesia sesuai amanat UU No. 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, dan harapan Pemerintah Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi fasilitas yang dimiliki oleh USCG Training Center Yorktown. Kunjungan dimulai dari ruang kelas, search and rescue school, engineering school, weaponry, damage control school, navigation center, dan fasilitas small boat operation training.

Delegasi juga berkesempatan untuk mengunjungi kelas International Maritime Domain Awareness (IMDA). Kegiatan ini turut diikuti juga oleh dua personel Bakamla, yaitu Letkol Bakamla Ridwansyah, dan Mayor Bakamla Angga Reza Prabowo. Pada kunjungannya ke kelas IMDA, Laksdya Taufiq menyempatkan diri untuk memberikan sambutan singkat dihadapan para peserta pelatihan yang terdiri dari perwakilan 16 negara.

Sejumlah jajaran pejabat Bakamla turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain Plt. Deputi Kebijakan dan Strategi Laksma Bakamla Hariadi; Direktur Strategi Laksma Bakamla Sandy M. Latief, Direktur Latihan Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandhago, S.E, M.M, Plh. Direktur Kerja Sama, Kolonel Bakamla Salim.

Selanjutnya, atase Laut untuk KBRI Washington DC Kolonel Marinir Irdyansyah N. Yunior Ayuba; Kasubdit Hukum Internasional dan PUU Letkol Bakamla Hudiansyah Is Nursal; Spri Kepala Bakamla, Mayor Bakamla Lisa Yunisyanti; dan Staf Kerja Sama Luar Negeri, Serka Bakamla Welny Septiana.***


Source  : Humas Bakamla RI For oketimes.com
Editor   : Van Hallen 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.