Tingkatkan Produksi Timah, Kapal Striping WPJ Segera Tiba di Meranti

SELATPANJANG, oketimes.com- Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kepulauan Meranti, H Herman, mengatakan untuk memaksimalkan produksi timahnya PT Wahana Perkit Jaya mendatangkan kapal striping (pembersih) ke wilayah eksploitasi di perairan Kecamatan Rangsang. Dengan penambahan armada baru ini diperkirakan, WPJ mampu memproduksi hingga 100 ton per tahun.

"Kapal stripingnya akan tiba lebih kurang 10 hari lagi. Jika sudah maksimal kita perkirakan mereka (WPJ) bisa memperoduksi 100 hingga 200 ton per bulan," kata Herman, Senin (22/9).

Setelah tiba kapal yang berfungsi untuk membersihkan area ekploitasi atau tepatnya lokasi yang akan disedot pasir timahnya ini, akan dilakukan penyesuaian terhadap kondisi. "Penyesuaian ini seperti tahap belajar untuk beradaptasi dengan alat di kapal striping termasuk para awaknya dan kondisi alam di sana. Januari nanti saya rasa sudah bisa maksimal," tutur Herman.

Menurut Herman, saat ini yang menjadi kendala bagi WPJ dalam meningkatkan produksi adalah kondisi struktur tanah dibawah permukaan laut tempat mereka melakukan eksploitasi. Dasar laut di Kepulauan Meranti mengandung tanah liat yang sering merusak pipa dari kapal penghisap untuk menyedot pasir timah.

"Oleh karena itu mereka butuh teknologi baru, yakni kapal striping. Nanti kapal ini yang akan menyingkirkan tanah liat, baru kapal penghisap mulai menyedot pasir timah," jelas Kepala Distamben Meranti itu.(aim)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :