Home / Serba Serbi / Diminta Berkontribusi Dalam Pembangunan, Mansur Pimpin IKSS Riau

Diminta Berkontribusi Dalam Pembangunan, Mansur Pimpin IKSS Riau

Diminta Berkontribusi Dalam Pembangunan, Mansur Pimpin IKSS Riau
Ist
Kepengurusan Ikatan Keluarga Sulawesi Selatan (IKSS) Provinsi Riau periode 2018-2023 resmi dilantik, di Balai Serindit Gedung Daerah, Sabtu 28 Juli 2018 malam.

Pekanbaru, Oketimes.com - Kepengurusan Ikatan Keluarga Sulawesi Selatan (IKSS) Provinsi Riau periode 2018-2023 resmi dilantik, di Balai Serindit Gedung Daerah, Sabtu 28 Juli 2018 malam.

Wakil Ketua umum Pengurus Besar (PB) IKSS Pusat Andi Jamaro Dulung yang hadir memimpin prosesi ini meminta IKSS yang ada di bumi lancang kuning ini harus bisa berkontribusi besar untuk masyarakat dan pembangunan Riau.

"Saya katakan, IKSS yang ada di Riau ini tidak hanya menjadi bagian dari masyarakat Riau, tetapi bagaimana bisa turut berkontribusi dalam pembangunan. Karena bumi Melayu ini adalah tempat tinggal anda, bahkan tempat anda dilahirkan," kata Andi Jamaro.

Dia mencontohkan, peran orang bugis di Riau yang kemudian ditokohkan dalam sejarah perjuangan masyarakat. Baik Riau maupun Kepulauan Riau yang kini sudah terpisah secara administrasi wilayah, adalah salah satu bukti nyata.

"Ingat pepatah orang tua kita, kalau anda sudah sampai di pulau harapan, maka tanamlah kelapa. Jangan pulang dulu sebelum berbuah. Ada dua makna, turut membangun, memberi manfaat tempat tinggalnya. Tapi juga tak lupa dari mana dia berasal setelah berusaha kerja keras," ujar Andi Jamaro.
 
Ada pun pelantikan kepengurusan ini dipercayakan kepada Anggota DPRD Riau Mansur, sebagai Ketua DPW IKSS Riau. Nurdin A Halim sebagai bendahara serta Nuraini sebagai bendahara.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau Ahmad Hijazi yang hadir pada kesempatan ini menyatakan kehadiran masyarakat keturunan Sulawesi Selatan di Riau turut mewarnai dalam sejarah Riau.

Asimilasi yang membaur dalam kultur Melayu Riau sebagai bukti, orang Bugis dan Makasar mampu menjadi bagian masyarakat Melayu Riau. Sejarah menurut Hijazi tak lupa mencatat bagaimana peran mereka bersama masyarakat Melayu dimasa lalu.

"Ini tentunya sebagai bukti terbangunnya nilai kesatuan dan persatuan dalam kultur di tanah Melayu," papar Hijazi. (mcr)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.