Desa Pulau Halang Belakang Ditinggal Penduduknya

BAGANSIAPIAPI, oketimes.com- Desa Kepenghuluan Pulau Halang Belakang, Kecamatan Kubu Babusalam kab Rohil semakin sepi dan tertinggal, pasalnya kebanyakan warga di daerah ini tidak mau lagi tinggal dan menetap warga lebih memilih pindah ke kota atau daerah lainnya.

Hal tersebut dipicu oleh berbagai kendala, diantaranya semakin sulitnya mata pencarian masyarat yang notabene berprofesi nelayan, ditambah minimnya pembangunan yang dirasakan daerah tersebut. Tak hanya itu, warga juga kesulitan mendapatkan air bersih terutama pada musim kemarau.

"Beberapa tahun terakhir warga kita ini mulai pergi meninggalkan rumahnya. Salah satu alasanya adalah semakin sulitnya mendapatkan rezeki akibat berkurangnya pendapatan dari melaut. Dan rata-rata warga yang pergi itu adalah warga Tionghua membuat desa kita menjadi semakin sepi dan tertinggal dibanding desa lainnya," kata salah satu warga Pulau Halang Belakang, Awi, Kamis (7/8) di Bagansiapiapi.

Hal ini juga berdampak pada sektor pendidikan. Salah satu sekolah dasar di desa tersebut kondisinya kini kekurangan murid. Demikian pula dengan kondisi gedung yang semakin tidak terawat.

"Sekolah Dasar di tempat kami siswanya tinggal belasan orang saja, ini akibat warga pada pindah penduduk semakin sedikit," jelas Awi. (hen)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait