Tandukan Diego Godin Berhadiah Tiket 16 Besar

Selebrasi Tim Uruguay

NATAL – Diego Godin kembali menunjukkan dirinya sebagai pencetak gol di laga-laga krusial yang ia jalani. Melalui gol tunggal tandukannya di menit 81, Uruguay pun memulangkan Italia sekaligus menemani sang juara Grup D, Kosta Rika, ke babak 16 besar.
 
Beberapa insiden pun terjadi di pertandingan penentuan nasib kedua tim ini. Salah satunya adalah kartu merah yang diterima oleh Claudio Marchisio di pertengahan paruh kedua membuat tim arahan Cesare Prandelli berada dalam tekanan.
 
Jalannya Pertandingan


Hingga pertandingan berjalan 10 menit belum ada peluang maupun pergerakan berbahaya yang dihasilkan oleh kedua tim. Malahan kedua tim cenderung bermain keras dengan beberapa kali perlanggaran terjadi di atas lapangan.
 
Baik Italia maupun Uruguay masih mencari-cari ritme permainan mereka, begitu krusialnya pertandingan ini mempengaruhi mental pemain masing-masing tim. Hingga menit 20 pun belum ada peluang yang tercipta. Bola lebih banyak berputar-putar di lapangan tengah.
 
Menit 21, Edinson Cavani mengancam gawang Italia, berawal dari umpan silang Alvaro Perreira sontekan striker Paris Saint-Germain tersebut masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Buffon.
 
Aksi berbahaya Mario Balotelli di menit 22 berujung pada keluarnya kartu kuning pertama dari saku, Marco Rodriguez. Ini adalah kartu kuning keduanya di Piala Dunia dan dipastikan akan absen pada laga berikutnya jika Italia lolos ke babak 16 besar.
 
Balotelli melepaskan tembakan jarak jauh yang melenceng dari sasaran pada menit 28, di saat yang sama Immobile membuat pergerakan kedepan. Tim arahan Cesare Prandelli lebih menguasai jalannya pertandingan, namun hingga menit 30 belum dapat menciptakan peluang untuk mencetak gol.
 
Menit 32, Buffon harus keluar dari sarangnya untuk melakukan dua penyelamatan dari ancaman Luis Suarez dan Nicolas Lodeiro.
 
Martin Caceres coba memanfaatkan kelengahan posisi Buffon yang sedikit keluar dari saranganya di menit 36, sayang tembakan spekulasinya dari tengah lapangan masih jauh dari sasaran tembak.
 
Tiga menit waktu tambahan yang diberikan tidak membuat kedudukan berubah pada 45 menit pertama di Arena das Dunas, skor imbang 0-0.
 
Memasuki babak kedua, kedua tim melakukan pergantian pemain di awal paruh kedua. Prandelli menarik Mario Balotelli yang seperti hilang di babak pertama. Attacante AC Milan tersebut digantikan dengan Marco Parolo. Sedangkan dikubu Uruguay, Maximiliano Pereira masuk menggantikan Nicolas Lodeiro.
 
Menit 50, Cavani terjatuh di dalam kotak penalti. Eks-penyerang Napoli tersebut terlihat memprotes keputusan wasit asal Meksiko yang tidak memberikannya penalti. Skor masih kacamata 0-0.
 
Peluang matang pertama terjadi pada menit 58, Cristian Rodriguez berhasil berhadapan satu lawan satu dengan Buffon. Akan tetapi, sepakan kaki kanannya masih melebar di sisi gawang Italia. Masih imbang 0-0.
 
Keadaan memburuk untuk Gli Azzurri saat salah satu pemain mereka, Claudio Marchisio melakukan pelanggaran keras. Tanpa ampun wasit menghadiahkannya direct kartu merah pada menit 59. Walaupun dalam replay apa yang dilakukan gelandang Juventus ini tidak sepatutnya di hadiahkan kartu merah.
 
Merasa unggul jumlah pemain, Tabarez coba menambah daya gedor timnya dengan memasukan pemain berkarter menyerang. Christian Stuani masuk menggantikan Alvaro Pereira pada menit 63.
 
Sedangkan Italia sendiri lebih memilih untuk menunggu dan sesekali melepaskan serangan balasan yang mengejutkan.
 
Pirlo coba memecahkan kebuntuan Italia pada menit 64 dengan melepaskan sebuah tembakan spekulasi dari luar kotak penalti. Lagi-lagi sepakan pemain senior tersebut melambung jauh di atas gawang Muslera.
 
Peluang kedua di dapat Uruguay melalui aksi Suarez di menit 65. Striker Liverpool ini melakukan aksi dribble dan merangsek masuk ke tengah pertahanan Azzurri dan melepaskan sebuah tembakan. Namun ancaman Celeste dapat diredam dengan aksi penyelamatan brilian dari Buffon.
 
Italia kembali memasukan tenaga segar saat pertandingan menyisakan 25 menit, Antonio Cassano dipilih Prandelli untuk menggantikan peran Immboile di lini depan Italia.
 
Terjadi sebuah insiden di depan dalam kotak 12 meter Italia melibatkan Chellini dan Suarez. Dalam tayangan ulang, terlihat Suarez mencoba mendekati Chellini dan mengarahkan kepalanya ke arah bahu bek Juventus tersebut. Namun, kejadian tersebut luput dari pandangan wasit Marco Rodriguez.
 
Diego Godin membawa Uruguay berada di atas angin. Bek Atletico Madrid tersebut memecah kebuntuan Caleste melalui tandukan keras di menit 81. Memanfaatkan tendangan sudut dari Gaston Ramirez.
 
Tertinggal, Cassano cs mencoba memberikan tekanan kepada Uruguay. Akan tetapi, hingga waktu tambahan lima menit diberikan oleh asisten wasit tim Negeri Pizza tersebut belum dapat memecah kebuntuan mereka.
 
Peluit panjang pun ditiupkan oleh wasit asal Meksiko tersebut, skor akhir 1-0 untuk keunggulan Uruguay. Hasil ini sekaligus memberikan tim besutan Oscar Tabarez tiket ke babak 16 besar mendampingi Costa Rika.
 
Susunan Pemain

Italia (3-5-2): Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Matteo Darmian, Marco Verratti (Thiago Motta 74'), Andrea Pirlo, Claudio Marchisio, Mattia De Sciglio, Mario Balotelli (Marco Parolo 46') , Ciro Immobile (Antonio Cassano 70') .
 
Uruguay (4-4-2):  Fernando Muslera, Martin Cáceres, Jose Giménez, Diego Godín, Alvaro Pereira (Christian Stuani 63'), Álvaro González, Ríos, Nicolas Lodeiro (Masimiliano Pereira 46'), Cristian Rodríguez (Gaston Ramirez 78') , Edinson Cavani, Luis Suárez.
fmh/okezone


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait