Baku Tembak Pertama Pecah, 1 Tentara Ukraina Tewas

OKETIMES.COM- Pasukan Ukraina terlibat kontak senjata dengan sekelompok pria besenjata tak dikenal, Minggu (13/4), dalam konflik terbuka yang pertama di wilayah timur negara itu, di mana para demonstran pro-Rusia diberitakan telah menguasai sejumlah gedung-gedung pemerintah beberapa hari terakhir ini.

Setidaknya satu orang tewas dan beberapa lainnya terluka di wilayah Slaviansk. Menteri Dalam Negeri Ukraina Arsen Avakov mengatakan korban jiwa terjadi di kedua pihak, dan bahwa seorang tentara Ukraina telah tewas.

Dalam video yang beredar usai serangan, terlihat seorang tentara Ukraina terluka, dan juga sesosok jenasah berseragam hitam yang berasal dari kelompok milisi.

Vladimir Kolodchenko, anggota DPRD di kota tetangga Nikolayevka, mengatakan dia melihat konvoi tujuh kendaraan lapis baja pengangkut pasukan tiba di Slaviansk untuk mengakhiri pendudukan gedung-gedung pemerintah. Para komandan berunding dengan demonstran, dan konvoi itu lalu diserang.

Setelah baku tembak, kelompok milisi tak dikenal kabur meninggalkan kendaraan mereka. Pasukan pemerintah juga kemudian mundur dari lokasi.

Bentrok juga terjadi di Kharkiv, dan kelompok pro-Rusia dikabarkan telah menduduki kantor-kantor pemerintah di beberapa kota di wilayah timur Ukraina. Pendudukan dilaporkan terjadi di Donetsk, Kramatorsk, Druzhkovka, Mariupol dan Yenakievo.

Donetsk merupakan wilayah pendukung mantan presiden Viktor Yanukovych, yang melarikan diri setelah demonstrasi pro-Eropa selama berbulan-bulan di Kiev.

Situasi di Slaviansk masih mencekam. Sebuah kantor polisi telah diambil alih dan di luar gedung itu para pria bertopeng dengan menenteng senapan mesin dan pistol terlihat menghangatkan diri dekat api, sementara yang lain membuat barikade di kedua ujung jalan. Para demonstran berteriak "Rusia" dan "Putin, tolong".

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:The Guardian


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait