Jelang ke Timur Tengah, Fisik Timnas U19 Meningkat

OKETIMES.COM- Indra Sjafri, pelatih tim nasional sepak bola Indonesia usia di bawah 19 tahun (Timnas U19), membanggakan pencapaian anak asuhnya dari aspek stamina. Selama hampir dua bulan menjalani program peningkatan fisik yang mengambil tempat di Kota Batu, Jawa Timur, kadar VO2 Maksimal para pemain naik rata-rata lima angka. VO2 Maksimal adalah kapasitas maksimum tubuh seseorang untuk menyalurkan dan menggunakan oksigen selama olaharaga atau pertandingan berlangsung. Hal ini berkaitan erat dengan stamina para pemain.

"Ini bukan satu-satunya acuan, tapi jadi faktor mendasar bagi seorang pemain,"  kata Indra, di kantor Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, Jakarta, Jumat, 28 Maret 2014. Dari 29 pemain Timnas U19, kapten tim Evan Dimas Darmono menjadi satu-satunya pemain yang memiliki kadar VO2Maks tertinggi yaitu 62,37.

Indra menargetkan para pemain mempunyai kadar VO2maks maksimal 60. "Dari hasil pemeriksaan terakhir, rata-rata pemain berada di angka 58," kata Indra yang membawa Timnas U-19 menjuarai Piala Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) 2013. Sebelumnya, pada turnamen Piala AFFn, rata-rata para pemain mempunyai kadar VO2Maks 55.

Karena alasan VO2Maks pula, dua pemain yang baru bergabung bersama Timnas U-19 dari hasil Tur Nusantara tidak ikut berangkat ke tur Timur Tengah. Kedua pemain itu Martinus Novianto (pemain Pra-PON DIYogyakarta ) dan Muhammad Zamzami (pemain PSS Sleman). "Mereka kami beri kesempatan selama 20 hari untuk meningkatkan staminanya," kata Indra.

Indra menegaskan kalau VO2Maks bukanlah satu-satunya tolak ukur untuk menjaring para pemain yang menjadi incarannya. Pelatih berusia 51 tahun ini menyebutkan ada 11 tes kesehatan yang mesti dilalui oleh para pemain agar bisa mencapai target stamina yang diinginkan. "VO2Maks itu fondasi dasar."

Se usai melakoni uji coba pertandingan yang bertajuk Tur Nusantara, skuad Timnas U19 kembali akan menjalani uji coba ke Timur Tengah. Evan Dimas cs bakal menjajal Timnas U19 Oman, Timnas U19 Uni Emirat Arab, dan klub Al-Shabab. Sebanyak 29 pemain dan 10 ofisial  akan terbang terlebih dahulu ke Arab Saudi untuk menjalani ibadah umroh selama lima hari.  Pertandingan akan dimulai 6-21 April 2014.TEMPO.CO

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait