Tingkatkan Siskamling, Waspadai Pencurian Keramba

Tingkatkan Siskamling, Waspadai Pencurian Keramba.

SIAK HULU, oketimes.com- Maraknya pencurian ikan keramba membuat masyarakat harus lebih waspada. Polres Kampar melalui bintara pembinaan, keamanan dan penertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) menyambangi langsung masyarakat, untuk memberikan imbauan agar masyarakat waspada dengan maraknya pencurian ikan keramba ini.
 
"Karena kejahatan bisa terjadi lebih disebabkan faktor kelalaian dan kesempatan, maka perlu diingatkan untuk senantiasa waspada," ujar Kapolres Kampar AKBP Ery Apriono Sik melalui kasat Binmas polres Kampar AKP Rachmad C Yusuf SIK  kepada wartawan, Rabu (28/1).
 
Didampingi Bhabinkantibmas Lubuk Siam Brigadir Azani menjelaskan, tugas Kepolisian saat ini bukan hanya mengamankan tindakan kriminal saja namun juga melakukan tindakan preventif dengan pencegahan. Dan tidak tanggung tanggung, pencegahan ini tidak dilaksanakan di kantor polisi atau pemerintah namun mendatangi warga secaara langsung, "ya kalau petani ikan kita datang langsung ke kerambahnya, kalau kebun langsung datang ke kebunnya," ujarnya.

Dari laporan warga diketahui, marak pencurian dikeramba justru terjadi saat hujan deras, "warga menduga dalam kerambah masih ada ikannya namun ternyata sudah kosong karena sudah dibawa pencuri," imbuhnya.

Kita menghimbau agar Siskamling ditingkatkan sekaligus pengawasan kepada siapa siapa saja yang sering datang sehingga tindak kejahatan bisa dicegah.

Sementara itu salah seorang warga pemilik keramba, Kirai (45) mengakui  kalau dalam beberapa bulan ini banyak terjadi pencurian ikan di keramba  milik warga Desa Lubuk Siam hingga meresahkan masyarakat yang berprofesi sebagai petani tambak di desa ini, ujarnya.
 
"Pihaknya berterima kasih atas kunjungan dari pihak Kepolisian, dengan ini memberikan rasa tenang bagi mereka dan kita juga akan meningkatkan Siskamling agar jangan sampai ada lagi aksi pencurian," ujarnya. (sy)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :