Dewan Desak Pemkab Siak Bagikan Buku Lintang

SIAK, oketimes.com- Anggota DPRD Kabupaten Siak Ismail Amir, SH mendesak Sekdakab Siak, agar mengeluarkan buku lintang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2014. Dewan sangat membutuhkan buku tersebut untuk menjalankan fungsinya, terutama dalam mengawasi program pembangunan.

Demikian disampaikan Ismail Amir SH kepada wartawan Rabu (5/3). Ismail mengaku heran kenapa buku yang memuat belanja uang rakyat sepanjang tahun 2014 ini belum juga dikeluarkan. Padahal Kabupaten Siak merupakan salah satu daerah di Riau yang paling cepat mengesahkan APBD yakni akhir tahun 2013.

"Namun buku APBD tersebut belum juga dikeluarkan oleh Pemda sampai saat ini, sementara pengesahannya Bulan Desember, jadi Dewan tak bisa melakukan fungsi pengawasan," kata Ismail.

Tak hanya itu, menurut Politisi Partai Hanura ini, buku lintang sangat penting dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi wakil rakyat. Dengan adanya buku lintang tersebut, dewan bisa menjalankan pengawasannya dengan terarah. Karena dalam buku lintang itu, memuat informasi anggaran belanja dan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh satuan kerja (satker) dilingkungan Pemkab Siak.

"Satuan kerja pengguna anggaran sudah memakai dana APBD, oleh sebab itu kami minta supaya serahkan buku lintang tersebut," pinta Ismail.

Dikatakan Ismail, sementara berdasarkan pantauan di LPSE Kabupaten Siak, sejumlah paket proyek pembangunan telah dilelang sejak Bulan Februari 2014. Paket yang dilelang tidak hanya pembangunan fisik tetapi juga jasa konsultan.(Adi/oke)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait