Kemarau Ganggu Musim Tanam Padi di Siak

SIAK, oketimes.com- Kemarau panjang yang terjadi belakangan ini berdampak pada sektor pangan di Siak. Sulitnya memperoleh air membuat jadwal tanam padi oleh sekelompok petani terganggu. Beberapa kawasan yang saat ini memprihatinkan adalah, Kecamatan Sabak Auh, Bungaraya dan Sungai Mandau.

' Bila kemarau ini tidak segera berakhir, maka musim tanam tahap kedua nanti terancam dimundurkan,'kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pertanian Kecamatan Siak-Bungaraya-Mempura, H. Suwanto,SP kepada riaueditor.com, Rabu (19/2) siang.

Menurut Suwanto, terjadinya pengalihan jadwal ini juga memberikan efek negatif terhadap hasil produksi. Gabah produksi panen tanaman pangan kita (beras) terancam menurun. Oleh sebab itu diharapkan masyarakat sama-sama berdoa, agar kemarau tidak berlangsung lebih lama.

'Kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT, agar kemarau ini berakhir dan hujan segera turun. Sebab petani kita masih mengandalkan curah hujan untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal,'harap Suwanto.


Selama ini hasil rata-rata mencapai 12 ribu ton dari 2200 hektar luas lahan permanen. Kedepan dikhawatirkan target ini akan menurun. Andi

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Siak, Ir. Rubiati saat dikonfirmasi mengenai perihal tersebut menjawab, (Adi)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait