Home / Pemerintahan / Pemkab Rohil Belajar PATEN ke Siak

Pemkab Rohil Belajar PATEN ke Siak

Pemkab Rohil Belajar PATEN ke Siak
humas siak
SIAK, oketimes.com- Sebanyak 100 orang pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir sejak Senin (20/10) sutudy Penerapan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kabupaten Siak. Kedatangan rombongan pejabat Pemerintah Rokan Hilir ini disambut Bupati Siak Drs H Syamsuar, M.Si di gedung Tengku Mahratu Siak.

Asisten Bidang Ekonomi Pemkab Rohil, Hasrial, ST, M.Si mengatakan maksud kunjungan rombongan yang dipimpinnya ingin belajar penerapan Pelayanan Adminsitrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang telah dilakukan oleh Pemkab Siak.

"Sejumlah jajaran pejabat Pemkab Rohil datang ke Kabupaten Siak ini, paling tidak apa yang sudah kami dapat nanti (PATEN) bisa kami bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk diterapkan di daerah kami nanti," papar Hasrial.

Kata Hasrial, Kabupaten Rokan Hilir yang memiliki 16 Kecamatan dan 110 Desa, tentu membutuhkan pelayanan yang prima dari masyarakatnya. Oleh sebab itu guna memutus rentang waktu dan biaya yang tinggi kepada masyarakat maka penerapan PATEN sebagaimana yang telah dilakukan oleh Pemkab Siak sangat perlu kami contoh.

"Saat ini sebanyak 16 Camat yang ada di Kabupaten Rokan Hilir belum mendapatkan wewenang seperti yang telah diberikan oleh Bupati Siak kepada Camat-Camatnya. Mudah-mudahan dengan program study banding yang kami lakukan ini, pimpinan kami (Bupati) dapat memberikan wewenang tersebut, seperti yang telah dilakukan oleh Bupati Siak," tutur Hasrial.

Bupati Siak menyambut baik keinginan Pemkab Rokan Hilir menerapkan produk PATEN di daerahnya. Maka dengan belajar PATEN di Kabupaten Siak adalah langkah yang tepat, sebab dari tahun 2012-hingga 2014 sedikitnya sudah ada 53 daerah Kabupaten Kota di Indonesia belajar PATEN ke Siak.

"Penerapan PATEN oleh Pemerintah Kabupaten Siak sudah berlangsung sejak tahun 2011 lalu, dan hasilnya Kabupaten Siak ditunjuk oleh Pemerintah Pusat sebagai daerah percontohan PATEN Nasional. Berbagai prestasi diraih baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional, karena secara indikator Siak berhasil memadukan PATEN dengan Kantor Penanaman Modal bersama Kantor Pelayanan Terpadu," terang Syamsuar.(man)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.